CirebonRaya

Buka Akses Jalan Sejauh 1.200 Meter, TMMD Mampu Tingkatkan Infrastruktur dan Kualitas Hidup Masyarakat Desa Kubang

 

 

kacenews.id-CIREBON-Panglima Kodam (Pangdam) III Siliwangi, Mayjen TNI Mohammad Fadjar resmi menutup Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 di Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kamis (22/8/2024).

Kegiatan TMMD yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan ini berhasil membuka akses jalan sepanjang 1.200 meter serta terbangunnya sistem pipanisasi di wilayah tersebut.

Menurut Mayjen TNI Mohammad Fadjar, TMMD Ke-121 ini merupakan bagian dari program yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Namun, khusus di Jawa Barat, TMMD digelar di empat titik, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, dan Cilegon.

“Di sini, di Desa Kubang, Kecamatan Talun, menjadi sasaran TMMD untuk Kodim 0620/Kabupaten Cirebon. Mereka membangun prasarana seperti jalan yang dibangun sepanjang 1.200 meter persegi. Sebelumnya, tidak ada jembatan, motor pun tidak bisa lewat. Sehingga, prasarana ini menjadi sangat penting bagi masyarakat Desa Kubang,” tuturnya.

Selain pembangunan jalan dan jembatan, kata Fadjar, TMMD juga memperbaiki sistem pipanisasi yang digunakan oleh para petani untuk mengairi sawah.

Ia mengungkapkan, sebelumnya masyarakat telah memiliki pipa, namun debit air yang disalurkan kurang memadai. Sehingga tidak maksimal untuk mengairi sawah.

“Tetapi dengan adanya pipanisasi baru yang dibangun sepanjang 1.250 meter dengan pipa berukuran 6 inci. Air mengambil dari sungai yang kita bendung kita naikkan, sehingga yang selama ini hanya bisa areal sawah yang terairi kini meningkat dari 20 hektare kini menjadi 55 hektare,” katanya.

Fadjar menyampaikan, tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, TMMD  di Desa Kubang juga mencakup program non fisik yang bertujuan untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya.

Menurutnya program ini meliputi tentang bela negara, wawasan kebangsaan, pemahaman hukum, serta penyuluhan terkait bahaya narkoba dan pertanian.

“Dandim beserta stakeholder lainnya dari dinas-dinas itu mendapatkan petunjuk dari bupati supaya pembangunan non fisik ini menjadi program bersama. Yang tadinya hanya TMMD beberapa poin saja, kemudian dari bupati memberikan arahan supaya mereka bersama-sama, berkolaborasi memberikan arahan membangun berbagai sisi dari manusia Indonesia ini, supaya punya budaya Indonesia dan budaya membangun yang lebih tinggi lagi,” tuturnya.

Ia berharap dengan selesainya program TMMD Ke-121 ini, masyarakat Desa Kubang dapat merasakan manfaat yang signifikan, dari segi infrastruktur maupun peningkatan kualitas hidup.

Sementara itu, Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya menyebutkan, banyak manfaat dari program TMMD di Desa Kubang ini. Seperti pipanisasi untuk mengairi areal sawah. Sehingga di saat memasuki murim kekeringan, mendapatkan bantuan pembuatan pipanisasi 1.200 meter yang dapat mengairi 55 hektare areal pertanian.

“Selain itu, dengan adanya sarana jalan penghubung di Desa Kubang ini, dapat menambah perekonomian masyarakat,” katanya.(Junaedi)

 

 

 

Related Articles

Back to top button