Finansial

Taekwang Bungkam, Massa Cirebon Timur Kembali Aksi

kacenews.id-CIREBON-PT Taekwang Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon, masih bungkam dengan adanya aksi damai masyarakat kecamatan setempat. Massa kembali mendatangi lokasi pabrik tersebut untuk kedua kalinya, dengan tuntutan kearipan lokal. Antara lain, perekrutan tenaga kerja warga setempat dan melibatkan pengusaha lokal.

Menurut orator, Raden Hamjahiyah, keberadaan pabrik harus berdampak positif bagi masyarakat. Salah satunya, perekrutan tenaga kerja lokal secara maksimal dan melibatkan pengusaha lokal. “Kami tidak antipati adanya pabrik, namun harus berdampak positif bagi sekitar,” katanya, Rabu (21/8/2024).

Hamjahiyah menjelaskan, tidak sedikit masyarakat lokal yang belum bekerja dan pengusaha lokal yang mumpuni untuk mengerjakan berbagai pembangunan. Akan tetapi pengusaha, seakan tak memberdayakannya.

“Kami menuntut adanya pemberdayaan masyarakat dan pengusaha lokal di pabrik. Karena dengan kemampuan dan kredibilitas yang dimiliki, dapat mengerjakan pembangunan pabrik,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan, pihak perusahaan dapat merealisasikan keinginan masyarakat dan pengusaha lokal. “Untuk kedua kalinya, kami datang. Hal ini dilakukan, karena belum ada respon dari pihak perusahaan dan menjadikan masyarakat sekitar sebagai pegawai dan pengusaha lokal sebagai partnership,” pintanya.

Senada dikatakan Ustadz Rifqi. Aksi damai masyarakat ini sebagai bentuk aspirasi, agar kearifan lokal diperhatikan pihak perusahaan. “Kami sangat mendukung adanya pabrik di desa ini, namun pemberdayaan masyarakat sebagai pegawai harus diperhatikan. Selain itu, pengusaha lokal harus dirangkul sebagai bentuk kearifan lokal,” tuturnya.

Setelah berorasi sekitar satu jam, tidak ada perwakilan dari PT Taekwang yang menemui, massa membubarkan diri dengan tertib.

Sekedar informasi, sekitar pekan lalu, ratusan masyarakat Cirebon Timur yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Cirebon Timur (APCT) mendatangi pabrik setempat dan menuntut adanya pemberdayaan masyarakat dan pengusaha lokal.(Pra)

Related Articles

Back to top button