Ayumajakuning

Pilkada Kuningan, Golkar Resmi Usung Dian Rachmat Yanuar dan Tuti Andriani

kacenews.id-KUNINGAN-Di tengah partai politik lain masih tengah menimbang-nimbangan pasangan yang layak untuk maju di pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kuningan tanggal 27 November 2024 mendatang, Partai Golongan Karya (Golkar) telah menunjukan kesiapannya dalam menghadapi pertarungan pesta demokrasi lima tahunan.
Hal itu dibuktikan dengan telah diterbitkannya surat rekomendasi dari Dewan Pimpiman Pusat (DPP) Partai Golkar untuk pasangan Calon Bupati Kuningan Periode 2024-2029 atas nama H. Dian Rachmat Yanuar dan Calon Wakil Bupati Kuningan, Hj. Tuti Andriani beberapa hari lalu. Pasangan yang akan mengguncang Kota Kuda ini dikenal dengan sebutan Dirahmati yang merupakan gabungan dua nama mereka.
H. Dian Rachmat Yanuar merupakan sosok birokrasi tulen yang sepak terjang sekaligus kemampuannya sudah diketahui oleh kalangan aparatur sipil negara (ASN) karena yang bersangkutan meniti karir dari mulai staf hingga jabatan karir tertinggi di lingkup pegawai negeri sipil (PNS). Yakni, sebagai sekretaris daerah (Sekda) baik di era kepemimpinan Bupati Kuningan, H. Acep Purnama (periode 2018-2023) maupun di jaman Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, H. Raden Iip Hidajat (beberapa bulan di tahun 2024 sebelum menyatakan cuti di luar tanggungan negara/CLTN).
Sedangkan Hj. Tuti Andriani adalah sosok notaris tulen yang memiliki jaringan tidak hanya di tingkat kabupaten tetapi juga pusat karena beberapa kali sempat menjabat salah satu jabatan di lingkup Ikatan Notaris Indonesia. Ditambah lagi yang menjadi daya tariknya adalah karena sosok gender ini merupakan adik kandung H. Acep Purnama.
Sudah bukan rahasia umum bahwa H. Acep Purnama merupakan politisi tulen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bahkan sempat menduduki beberapa kali jabatan strategis yang jarang dinikmati politisi lainnya. Di antaranya sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Wakil Bupati Kuningan dan terakhir selaku Bupati Kuningan periode 2018-2023.
Dengan kemunculan sang adik, Hj. Tuti Andriani, walau bukan diusung dari partai berlambang banteng moncong putih tetapi sebagian para pendukung solid H. Acep Purnama di tingkat akar rumput dari sejumlah daerah mulai melirik tokoh gender yang memiliki kemauan kuat membangun Kota Kuda. Apalagi dikabarkan, sipat dan karakternya mirip dengan H. Acep Purnama.
“Bukan surat tugas lagi tapi sudah langsung surat rekomendasi dari DPP Partai Golkar. Surat tersebut sudah terbit untuk pasangan Pak H. Dian Rachmat Yanuar dan Ibu Hj. Tuti Andriani untuk pencalonan Pilkada Kuningan,” ujar Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Kuningan, H. Yudi Budiana, Selasa (20/8/2024).
Sedangkan untuk pelaksanaan deklarasi pasangan Dirahmati tersebut, lanjut Yudi, akan dilakukan secepatnya sebelum proses pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tanggal 29 Agustus 2024 mendatang karena harus berdasarkan kesepakatan dengan beberapa partai koalisi. “Nanti juga, kita akan menggelar konferensi pers apabila sudah ada kesepakatan dengan partai koalisi sebelum pendaftaran ke KPU,” ucapnya.(Ya)

Related Articles

Back to top button