CirebonRaya

Tak Kenal Lelah, Kabupaten Cirebon Timur Ditargetkan 2025

kacenews.id-CIREBON-Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM) menargetkan akhir 2025, proses pemekaran Cirebon timur selesai. Demikian dikatakan Sekretaris FCTM, Taufik Ridwan.

“Hingga saat ini sudah selesai kajian ilmiah dan data di tingkat kabupaten. Langkah selanjutnya, ke tingkat provinsi dan pusat,” katanya, saat konferensi pers, Jumat (9/8/2024).

Taufik menjelaskan, perjalanan panjang untuk sebuah pemekaran kabupaten memang sangat melelahkan. Namun, semangat para aktivis, penggiat juga seluruh elemen masyarakat yang terus bergerak hingga sekarang, dua langkah lagi. Yakni, provinsi dan pusat.

“Kajian dari semua bidang, akan diserahkan ke provinsi dan pusat untuk audiens. Maka ditargetkan, 2025 terwujud Kabupaten Cirebon timur,” jelasnya.

Masih dikatakan Taufik, pemekaran yang akan terwujud memerlukan peran serta seluruh pihak, termasuk langkah politik. Maka, para parlemen yang ada di provinsi dan pusat, khususnya daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Cirebon, harus turut berperan aktif untuk menjadikan Kabupaten Cirebon Timur.

“Di samping secara birokrasi dan akademis, peran politik sangat diperlukan. Sehingga, Kabupaten Cirebon timur akan bisa terwujud pada akhir 2025,” ujarnya.

Ketika ditanya, apakah sudah ada Bakal Calon Bupati (Balonbup) yang sudah merapat, Taufik menjawab, belum. “Kami inginkan adanya balonbup yang mendukung pemekaran, karena ini sudah menjadi keinginan masyarakat,” tuturnya.

Dirinya mengharapkan, dukungan seluruh pihak untuk Kabupaten Cirebon Timur segera terwujud. “Bukan kepentingan politik maupun lainnya, akan tetapi keinginan masyarakat yang ingin pemekaran agar lebih sejahtera dalam berbagai aspek ,” pungkas Taufik.

Sementara itu, Tokoh Cirebon timur, H Agus Maksoem mengungkapkan, pemekaran Kabupaten Cirebon sudah layak dilakukan, karena luas wilayah dan tentunya, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kawasan industri yang ada di wilayah timur, akan menjadi magnet bagi pengusaha untuk menanamkan modal dan dengan adanya pabrik, dapat mendongkrak pendapatan masyarakat. Terlebih dengan adanya pemekaran, akan lebih mudah dalam berbagai aspek,” ungkapnya.(Pra)

Back to top button