Finansial

Di Tengah Isu Munaslub, Airlangga Resmi Mundur dari Golkar

kacenews.id-MAJALENGKA-Mundurnya Airlangga Hartarto dari jabatannya sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar mengejutkan banyak pihak, termasuk di kalangan kader Partai Golkar Kabupaten Majalengka.

Pengunduran diri yang diumumkan hanya beberapa bulan sebelum Pilkada Serentak 2024 ini menimbulkan berbagai spekulasi terkait dampaknya terhadap persiapan partai, khususnya di daerah.

Melalui pernyataan resminya, Airlangga mengungkapkan bahwa keputusan tersebut diambil agar dirinya fokus mengawal stabilitas transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar,” ujarnya melalui sebuah video yang diterima KabarCirebon, Senin 11 Agustus 2024.

Airlangga menegaskan bahwa proses pengunduran dirinya hingga adanya penunjukkan Ketua Umum baru akan berjalan damai dan sesuai dengan ketentuan AD/ART partai. Ia mengatakan bahwa Golkar sebagai partai besar dan matang akan segera menyiapkan mekanisme organisasi yang diperlukan untuk menghadapi situasi ini.

Menanggapi pengunduran tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Majalengka, H. Asep Eka Mulyana angkat bicara dan membuat pernyataan resmi yang menegaskan, meski terjadi perubahan kepemimpinan di tingkat pusat, Partai Golkar Majalengka tetap solid dan siap menghadapi Pilkada Serentak 2024.

“Kami di DPD Kabupaten/Kota masih menunggu arahan dan petunjuk lanjut dari DPD Partai Golkar Jawa Barat sebagai pimpinan di tingkat provinsi. Partai Golkar, sebagai salah satu partai tertua dan terbesar di Indonesia, memiliki kematangan dan pengalaman dalam menangani dinamika internal dengan baik dan cepat,” ujar Wakil Ketua DPRD Majalengka ini.

Terkait konteks persiapan Pilkada Majalengka 2024, Jipep sapaan H Asep Eka Mulyana menekankan bahwa Partai Golkar Majalengka tetap berkomitmen mengusung calon Bupati sesuai arahan DPP dan DPD Partai Golkar Jawa Barat. Ia juga mengimbau seluruh pengurus, kader, dan simpatisan Partai Golkar untuk tetap tenang dan menjaga solidaritas partai.

“Kami yakin soliditas ini akan menjadi kunci keberhasilan kami dalam Pilkada Majalengka yang akan segera dihadapi dalam waktu dekat ini,” tukasnya.

Dia menambahkan Partai Golkar Majalengka kini tengah bersiap menghadapi tantangan politik ke depan dengan penuh semangat dan komitmen untuk memenangkan Pilkada Majalengka 2024, serta melanjutkan kontribusi positif bagi masyarakat Majalengka.(Jep)

Related Articles

Back to top button