CirebonRaya

Wujudkan Lingkungan Sehat, Warga dan Pemdes Lemahabang Cirebon Gencarkan Jumsih

 

 

kacenews.id-CIREBON-Pemerintah Desa (Pemdes) Lemahabang  melaksanakan program Jumat Bersih (Jumsih) dengan membersihkan sampah di sejumlah tempat.

Related Articles

Kuwu Desa Lemahabang, Toto Sugiharto mengungkapkan, program Jumsih yang dilaksanakan ini sebagai upaya pencegahan penyakit. Khususnya, demam berdarah. “Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias melaksanakan kegiatan ini. Bahkan dari mahasiswa yang KKN turut serta dalam Jumsih tersebut,” katanya, Jumat (9/8/2024).

Menurutnya antisipasi demam berdarah menjadi tanggung jawab seluruh pihak, termasuk masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Secara bergiliran dilakukan sosialisasi pada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, mengingat tak mengenal waktu nyamuk tersebut berkembang biak. Namun laporan yang ada hingga saat ini, belum ada yang terkena demam berdarah,” tuturnya.

Ia mengemukakan, demam berdarah tak kalah dahsyat dengan Covid-19, maka diperlukan kesadaran masing-masing individu dalam menjaga kebersihan, sangat diperlukan. “Kebersihan lingkungan dan pribadi penting dilakukan, untuk mencegah penyakit. Maka alangkah baiknya, mencegah daripada mengobati,” ujarnya.

Toto  mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk bersama mencegah penyebaran nyamuk aides aigepty, dengan selalu membersihkan diri dan lingkungan. “Mari bersama lakukan pencegahan dan segera melapor ke desa, untuk ditindaklanjuti dan tidak membuang sampah sembarangan. Terima kasih pada masyarakat dan mahasiswa UNU, UMC dan STAIN, yang sudah gotong royong membersihkan sampah di desa ini,” katanya.(Su)

 

 

Related Articles

Back to top button