Finansial

Puspa Pe-ri Kembangkan Program Peningkatan SDM

kacenews.id-INDRAMAYU-Pusat Pangan (Puspa) Perempuan Berdikari (Pe-ri) sebagai sarana pengembangan program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) purna migran dalam wadah pemberdayaan Pe-ri.

Ini dapat diimplementasikan sebagai bentuk pelatihan budidaya tanaman dan buah, perikanan dan wisata kuliner yang pada intinya Puspa Pe-ri sebagai model inkubasi bagi para purna migran.

Hal itu, diungkapkan Plt.Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, Nonon Citra Wulandari melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja (Pentaker), Asep Kurniawan, Selasa (6/8/2024).

Sehingga, lanjut dia, program pemberdayaan ekonomi Pe-ri yang menjadi program unggulan Bupati Hj.Nina Agustina dapat terwujud melalui pola Pentahelix yang masing-masing stakeholder saling menguatkan.

Pentahelix yaitu Akademik dimana peran dari pendidkan termasuk Perguruan Tinggi seperti UNJ, UNPAD, UMJ, Polindra dan Unwir telah berkoordinasi dalam rangka pemberdayaan Pe-ri kemudian Bisnis, peran bisnis sangat penting terutama perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam Pekerja Migran Indonesia (PMI) dapat berkolaborasi meningkatkan program Pe-ri.

Selanjutmya, Community dimana para alumni dikuatkan membentuk kelomppk usaha bersama dan atau koperasi dalam rangka penguatan pasar dan permodalan, Government, Disnaker selaku leading sektor berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Diskopdagin, Disdikbud, Dinkes, Dinsos, dan dinas-dinas lain dalam rangka mengembangkan Pe-ri.

Media, peran serta media juga sebagai ujung tombak promosi dan informasi terkait pelayanan dan peningkatan program Pe-ri. Pe-ri merupakan salah satu dari 10 program unggulan Bupati Indramayu Hj.Nina Agustina sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat Indramayu. “Berharap, Puspa Pe-ri yang dibangun dengan memanfaatkan lahan yang ada di lingkungan Kantor Disnaker ini dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga purna migran,” ungkapnya.(No)

Back to top button