Pemilu

Harus Berkoalisi, Imron Beri Sinyal Bakal Jadi Pendampingnya di Pilkada Cirebon

kacenews.id-CIREBON-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon belum menentukan bakal calon wakil bupati (bacawabup) yang akan mendampingi Imron dalam Pilbup Cirebon. Keputusan tersebut sepenuhnya diserahkan kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Barat.

Namun, Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon, Imron, memberi sinyal kecenderungan pilihannya itu ke orang yang bakal direkomendasikan dari Partai NasDem, yakni H Agus Kurniawan.

Imron menjelaskan, penentuan siapa yang akan menjadi bacawabup bukan lagi perkara internal partai atau perseorangan. Pasangan bakal calon bupati (bacabup) dan bacawabup akan diatur langsung oleh DPD PDIP Jawa Barat.

“Itu urusan DPD. Artinya, yang menentukan itu nanti partai koalisi, bukan internal kita (PDIP, red),” ujar Imron, Jumat (2/8/2024).

Terkait siapa yang akan menjadi partner koalisi di Pilbup Cirebon, Imron kembali mengindikasikan kecenderungan lebih ke Partai NasDem. Menurutnya, instruksi partai memang mengharuskan adanya koalisi. Siapapun yang disodorkan nanti sebagai bacawabup akan diputuskan di tingkat DPD partai.

“Nanti ada komunikasi yang dibangun antar DPD. Siapa yang ditujukan sebagai bacawabup ya saya terima. Berdasarkan informasi dari DPD juga, pasangan calon harus sudah muncul di bulan Agustus, untuk waktu pastinya belum tahu,” katanya.

Imron juga menambahkan bahwa Nasdem dan PKS sudah berkoalisi jauh-jauh hari sebelumnya. Namun, apakah PKS akan ikut masuk dalam koalisi atau tidak masih tergantung pada dinamika politik ke depan.

“Kita belum tahu ya. Tergantung dinamika nanti seperti apa,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan deklarasi pasangan calon mengingat semakin dekatnya pendaftaran pasangan calon di KPU, Imron belum dapat memastikan. Menurutnya, semuanya diserahkan kepada DPD PDIP. “Pendaftaran kan tanggal 27 Agustus 2024. Yang pasti sebelum tanggal pendaftaran,” tuturnya.(Mail)

Related Articles

Back to top button