Pendidikan

Jaring Peserta ke Tingkat Provinsi, Puluhan Siswa SMP di Kota Cirebon Unjuk Kemampuan di Pentas dan Expo PAI

 

 

 

 

kacenews.id-CIREBON-Pentas dan Expo Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP 2024 tingkat Kota Cirebon  digelar di SMPN 1 Kota Cirebon, Sabtu (27/7/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempromosikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dan karakter di kalangan siswa, serta mengapresiasi bakat dan kreativitas mereka.

Ketua Pelaksana Pentas dan Expo PAI, Asep Syaifurachman mengungkapkan, even ini menampilkan berbagai kompetisi yang dirancang untuk menguji dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan siswa dalam bidang PAI. Sekaligus memperebutkan trofi bergilir juara umum dan Kapolres Cirebon serta trofi tetap juara umum dan Lanal Cirebon. Terdiri dari lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), yang merupakan lomba membaca Alquran dengan tartil dan tajwid yang benar. Kemudian Musabaqoh Hifdhil Quran (MHQ), yang merupakan lomba menghafal Alquran untuk menguji kemampuan siswa dalam mengingat ayat-ayat suci. Ditambah lomba cerdas cermat PAI, merupakan kompetisi pengetahuan agama Islam yang menguji wawasan siswa tentang berbagai aspek keislaman.

Lalu ada kaligrafi Islam, yang merupakan lomba seni menulis huruf Arab dengan indah dan kreatif. Selain itu pidato PAI dengan tema-tema keislaman yang mengasah keterampilan berbicara di depan umum.

Menurutnya, Olimpiade PAI merupakan kompetisi yang menggabungkan berbagai aspek pengetahuan agama Islam dalam bentuk soal-soal pilihan ganda dan esai.
Selain itu, kegiatan ini adalah kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan kreativitas mereka.

“Pada Pentas dan Expo PAI 2024 ini semua siswa di SMPN 1 Kota Cirebon terlibat. Karena tahun lalu menjadi juara umum sehingga SMPN 1 Kota Cirebon tahun ini menjadi tuan rumah,” katanya.

Ia menyebutkan,dalam even ini juga dilaksanakan Panggung Seni Generasi Moderat Rahmatan Lil Alamin, dengan menampilkan berbagai pertunjukan seni dari siswa yang mencerminkan nilai-nilai Islam moderat dan Rahmatan Lil Alamin. Termasuk seni musik, tarian, dan drama yang mengusung pesan-pesan damai, toleransi, dan kebhinekaan.

Kemudian Sentra Karya GPAI dan Siswa Area, menampilkan berbagai karya kreatif dari para guru PAI dan siswa. Sehingga pengunjung dapat melihat hasil karya tulis, kerajinan tangan, serta proyek-proyek penelitian yang menunjukkan penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu ada Ekonomi Kreatif Generasi Moderat Rahmatan Lil Alamin Bazaar, yang menampilkan produk-produk kreatif dari para siswa, termasuk makanan, kerajinan tangan, dan barang-barang lainnya yang dihasilkan secara kreatif dengan nilai-nilai keislaman.

“Kami berharap, nanti yang terjaring di tingkat kota, bisa menjadi juara di tingkat provinsi pada tahun ini,”katanya.(Jak)

 

 

Related Articles

Back to top button