Ayumajakuning

DKM Masjid Agung Al Istiqomah Kuningan Gelar Sunatan Massal

kacenews.id-KUNINGAN-Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Al-Istiqomah Desa/Kecamatan Ciimus Kabupaten Kuningan menggelar khitanan masal dan pemberian santunan nagi anak yatim sebagai mementum tahunan memasuki pergantian tahun baru Islam 1446 H, berlangsung di masjid setempat, Minggu (28/7/2024).

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah warga Desa Cilimus tumpah ruah  menyaksikan pawai dan arakan sunatan massal  dalam rangka Gebyar Muharram 1446 H di Masjid Agung Al-Istiqomah. Acara ini biasa digelar setiap sebagai momen tahunan yang selalu dinantikan oleh masyarakat sekitar.

Berbagai penampilan seperti marching band, angklung, singa putra, genjring, dan hadroh memeriahkan pawai dengan melibatkan anak-anak dan para pemuda. Sehingga menjadikan penampilan ini bagian melestarikan tradisi dan mengembangkan keterampilan anak.

Ketua panitia, Haris, mengungkapkan, bahwa acara Gebyar Muharam ini sudah menjadi tradisi sejak 27 tahun silam. Tahun ini sunatan massal  bagi sebanyak 47 anak yang sebagian berasal dari luar Desa Cilimus. Mereka (pengantin sunat) diberikan uang panyecep sebesar 100 ribu per anak. 

Selain itu, Haris menyebutkan, disalurkan juga santunan  kepada 86 anak yatim, dengan  mendapatkan 850 ribu setiap anak, dengan total selurunya sebesar 74 juta. Anggaran terkumpul atau bersusmber dari  masyarakat Desa Cilimus, serta donatur lainnya. Suksesnya acara ini tidak lepas dari sinergitas antara DKM Masjid Al-Istiqomah, Pemerintah Desa, para pemuda, serta dukungan masyarakat desa Cilimus yang sangay tinggi.

“Untuk  keropak masjid  mencapai Rp 6 juta setiap Minggunya, bahkan bisa lebih. Ka,mi ucapkanm terima kasih pada hamba Allah yang senantiasa berbagi rezeki untuk kemakmuran masjid, semoga menjadi kebaikan para donator menjadikan kebaikan dan amal soleh sehingga menambah keberkahan dalam hidupnya. Alhamdulillah, dari 100 masjid percontohan di Kuningan, Masjid Al-Istiqomah merupakan yang terbaik. Ini berkat pengelolaan keuangan, administrasi, kebersihan yang kami jaga dengan baik, dan rutinitas  memakmurkan masjid,” kata Haris.

Sekda Kabupaten Kuningan, H Dian, pihaknya turut hadir dengan memberikan bingkisan dan apresiasi terhadap para pemyuelenggara lkegiatan diamksud. Dalam, hal ini Masjid Al-Istiqomah bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga aktif dalam kegiatan sosial seperti sunatan massal dan santunan anak yatim dan lain-lain demi mencapai kemaslahatan umat. Ini semua berkat kerjasama yang baik dengan semua pihak,” kata Dian.

Untuk itu, Dian menuturkan, pentingnya semangat tahun baru Islam 1446 H yang membawa pesan hijrah atau perubahan menuju yang lebih baik. Diharapkan acara ini menjadi contoh  bagi masjid dan desa lainnya untuk terus meningkatkan  kepedulian sosial dengan semangat kebersamaan baik dari pemerintah desa, DKM Masjid, para pemuda dan masyarakat.

“Wahai anak-anak tercinta, kalian tidak sendiri, teruslah belajar dan belajar. Yakinlah bahwa banyak yang peduli dan empati untuk mengantarkan impian kalian. Semoga apa yang dicita-citakan dapat terwujud dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.(Sul)

Related Articles

Back to top button