Pendidikan

Gelar Roadshow Wawasan Kebangsaan, Pelajar Kota Cirebon Diingatkan Tidak Terjerumus Aksi Terorisme

kacenews.id-CIREBON-Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon, H Agus Mulyadi mengingatkan siswa agar tidak terjerumus menjadi bagian dari aksi terorisme, saat digelarnya Roadshow Wawasan Kebangsaan untuk Pelajar SMA/SMK/MA se-Kota Cirebon Tahun 2024 di SMAN 1 Cirebon, Selasa (23/7/2024).

Menurut Agus, saat ini informasi di luaran sangat mudah diperoleh semua kalangan.Sehingga berpotensi untuk terkontaminasi ajaran-ajaran yang sifatnya terorisme dan radikalisme.

“Ada informasi-informasi yang jika kita tidak cermat ataupun jika kita tidak didasari oleh sebuah keilmuan. Karena ketidaktahuan atau kita tahu kemudian terkontaminasi. Seperti ajaran-ajaran yang sifatnya terorisme dan radikalisme. Itu akan menjadi bagian dari sebuah potensi yang mencernakan,” katanya.

Related Articles

Ia menyampaikan, ada cerita yang tidak ketahuan karena terbawa sebuah situasi yang tidak dilandasi oleh sebuah pemahaman. Sehingga mengirimkan informasi yang sifatnya terorisme maupun radikalisme bahkan ancaman.

“Ancaman bom, kemudian yang bersangkutan harus berurusan dengan hukum. Saya tidak ingin pelajar negeri maupun swasta di Kota Cirebon kemudian terkontaminasi menjadi bagian dari terorisme,”katanya.

Agus menyebutkan, Empat Pilar Kebangsaan, merupakan bagian dari ikatan yang membuat sampai saat ini tetap tegak sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Gempuran maupun ancamannya sangat luar biasa, baik dari dalam maupun luar negeri. Kami rasa adik-adik ini yang akan menjadi bagian dari yang akan membentengi NKRI tetap utuh sampai akhir zaman,” tuturnya.

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Muda Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat, Abdul Fatah mengapresiasi  kegiatan ini. Pasalnya dalam perkembangan zaman saat ini, perlu adanya suatu ikatan yang lebih kuat lagi. Karena banyak informasi atau berita-berita yang terkadang simpang siur harus ada arahan dari pihak-pihak terkait, yang bisa memperkuat kembali rasa kebangsaan.

“Saya mengapresiasi kegiatan positif ini,” ucapnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan bersama Jabar Bergerak, Densus 88 Anti Teror Polri, Kesbangpol Kota Cirebon, Polres Cirebon Kota, KCD Wilayah X Jabar, MKKS SMA/SMK ini, perwakilan OSIS, sejumlah kepala sekolah hingga Pj Walikota menandatangani deklarasi anti radikalisme. Kegiatan serupa rencananya bakal digelar di sejumlah SMA/SMK/MA di Kota Cirebon selama dua minggu ke depan.(Jak)

 

 

Related Articles

Back to top button