CirebonRaya

Hadapi Pilkada 2024, Polresta Cirebon Kerahkan Ratusan Personel

 

 

kacenews.id-CIREBON-Menjelang Pilkada 2024, berbagai upaya dilakukan Polresta Cirebon untuk menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayahnya.

Related Articles

Salah satu langkah yang dilakukan Polresta Cirebon bersama dengan stakeholder terkait ialah dengan terus menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni mengemukakan, pihaknya bersama KPU sudah melakukan pertemuan dengan semua perwakilan partai politik (parpol) untuk membangun komitmen menjaga kondusifitas kamtibmas Kabupaten Cirebon.

Menurutnya, dalam pertemuan tersebut pihaknya menyampaikan hal-hal yang tidak diperkenankan untuk dilakukan seperti black campaign, money politik, dan menyebarkan hoaks.

“Kami meminta mereka untuk sama-sama menjual visi misi orang yang didukung oleh mereka, tidak menyebarkan berita hoaks dan tidak menyerang dengan hal-hal yang negatif,” katanya, Minggu (14/7/2024).

Ia menginginkan agar hal-hal positif yang justru harus ditonjolkan di Kabupaten Cirebon. Hal itu sesuai dengan daerah ini yang selama ini sudah dikenal sebagai daerah positif dari berbagai sisi.

Kapolresta menyebutkan, sisi positif Kabupaten Cirebon terpotret dari pelaksanaan pilpres kemarin yang berjalan cukup kondusif. Sehingga pada pelaksanaan Pilkada ini Kabupaten Cirebon harus lebih kondusif lagi.

“Kami meminta penyelenggara pilkada berkerja dengan sebaik-baiknya. Ketahui tugas pokoknya, ketahui tatacara teknisnya agar tidak ada kesalahan-kesalahan terjadi. Sehingga tidak ada pelaksanaan ulang pilkada,” tuturnya.

Selain itu, kata Sumarni, pihaknya juga sudah memberikan pengarahan kepada Panwascam se-Kabupaten Cirebon agar bekerja dengan baik dan penuh integritas. Pihaknya meminta kepada semua jajaran Panwascam untuk tidak menjual integritas demi kepentingan kelompok tertentu.

Selain itu, Polresta Cirebon juga telah turun langsung menemui masyarakat melalui sejumlah komunitas seperti majelis taklim, forum desa, perangkat desa, pedagang, hingga seniman. Termasuk melalui kegiatan Jum’at Curhat yang digelar rutin Polresta Cirebon. Pihaknya meminta sejumlah komunitas masyarakat tersebut untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan pilkada, agar berjalan dengan aman dan kondusif.

“Kalau ada permasalahan silakan selesaikan di tingkat desa. Kalau tidak selesai di tingkat desa, segera hubungi kami, akan kami bantu menyelesaikan. Tapi kalau memang tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, boleh menempuh jalur hukum,”katanya.

Sementara itu,  jumlah personel yang diterjunkan pada saat pelaksanaan Pilkada 2024 mencapai 910 orang. Jumlah tersebut, masih akan ditambah dengan personel dari dinas dan instansi terkait seperti TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Selain memberikan edukasi, kita juga akan melakukan patroli siber. Kita mengajak kominfo untuk bersama-sama memantau dunia maya,” ujarnya.

Sumarni mengajak masyarakat untuk menyukseskan pilkada dengan menjaga kondusifitas daerah. Ia mengimbau masyarakat untuk memilih calon pemimpin yang bisa memimpin Kabupaten Cirebon lebih baik dan membawa kesejahteraan masyarakatnya.

“Pilihlah sesuai hati nurani, masyarakat jangan mau dibeli suaranya,” ucapnya. (Junaedi)

 

Related Articles

Back to top button