Ayumajakuning

Bawaslu Kabupaten Indramayu Beri Pembekalan kepada Panwaslu

kacenews.id-INDRAMAYU-Sebagai upaya meningkatkan pengawasan pemutakhiran daftar pemilih, dalam rapat kerja teknis (Rakernis) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu memberikan pembekalan kepada para Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan se-Kabupaten Indramayu di aula Hotel Wiwi Perkasa, Rabu-Kamis (10-11/7/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Ahmad Tabroni melalui Divisi Pencegahan, Partisisipasi Masyarakat dan Humas, Supriadi mengatakan, salah satu tujuan pembekalan ini agar para panwaslu kecamatan bisa lebih memahami regulasi dan sekaligus dapat menyusun strategi dalam melakukan pengawasan pemuktahiran daftar pemilih.

“Saat ini tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) masih berjalan, tetapi pembekalan ini dinilai sangat penting bagi para panwaslucam,” tuturnya, Kamis (11/7/2024).

Dikatakannya, setelah memperoleh pembekalan, para panwaslucam di lapangan bisa memetakan potensi kerawanan dalam pemuktahiran daftar pemilih, sehingga bisa mencegah proses pelanggaran.

Misalnya, di daerah perbatasan atau di daerah yang terjadi perggusuran karena adanya proyek maupun lainnya. Termasuk terhadap kelompok-kelompok rentan, seperti kelompok disabilitas dengan pendataan yang lebih detail.
“Semua itu, tentunya memerlukan keseriusan tersendiri bagi para panwaslucam ketika melakukan tugas di lapangan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, imbau Supriadi, Rakernis yang menghadirkan narasumber para tokoh nasional ini dapat diikuti dengan baik. Sehingga bisa melakukan tugas-tugas pengawasan di lapangan dengan benar sesuai peraturan yang ada.
“Melalui pembekalan ini, semoga para panwaslucam dapat menjalankan tugas pengawasan pemuktahiran daftar pemilih dengan baik,” pungkas dia. (Ratno/KC)

Related Articles

Back to top button