Finansial

Dari Kuningan: Bisnis Ayam yang Menggiurkan, Sehari Hasilkan Empat Ton Telur

kacenews.id-KUNINGAN-Ternyata, bisnis ayam petelur di Kabupaten Kuningan benar-benar menggiurkan. Betapa tidak, dalam sehari, 4 ton telur ayam dihasilkan. Awalnya, peternak hanya mengandalkan 6.000 ekor ayam, namun kini jumlah ayam petelur mencapai 200.000 ekor.

Bisnis ayam petelur dikelola PT. Duta Hadir. Perusahaan ayam petelur ini berada di Karangmangu Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan.

Perusahaan tersebut sudah berdiri sejak tahun 2001. Hingga saat ini, jumlah ayam petelur semakin bertambah dan sudah ada 200.000 ekor ayam dari yang awalnya hanya 6.000 ekor ayam.

Usaha ayam petelur ini sangat menjanjikan karena telur merupakan produk Utama yang memiliki permintaan stabil di pasar konsumen.
Kandungan gizi telur yang tinggi membuatnya menjadi pilihan makanan sehari-hari bagi masyarakat luas. Dengan pola konsumsi yang terus meningkat, permintaan telur pun terus bertumbuh.

Setiap harinya peternakan ini mampu memproduksi kurang lebih hampir 4 ton telur. Nantinya telur tersebut dipasarkan ke agen dan pasar daerah Kuningan hingga ke Cirebon.

Meskipun menjanjikan, usaha ayam petelur juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satu tantangan utama adalah dalam manajemen kesehatan ayam, seperti pencegahan penyakit dan pengendalian sanitasi.

Mandor PT. Duta Hadir, Yudi Mulyadi menejelaskan bahwa peternakan ini sempat terserang penyakit yang mengakibatkan banyaknya ayam yang mati.
“Kemarin ayam kita sempat terkena penyakit yang disebabkan oleh virus. Kurang lebih ada 5000 ekor ayam yang mati akibat penyakit tersebut,” ucapnya.

Yudi mengungkapkan hal tersebut sudah menjadi risiko sebagai pengusaha peternak ayam. Ia juga berharap agar perusahaan ini semakin maju dan berekembang. “Harapanya semoga semakin maju dan berkembang terus,” ujarnya.(Frizi)

Back to top button