Saba Desa

Pemdes Leuwidingding Kabupaten Cirebon Dukung Layanan Disabilitas

kacenews.id-CIREBON-Pemerintah Desa (Pemdes) Leuwidingding Kecamatan Lemahabang mendukung kegiatan kaum disabilitas. Salah satunya, saat kegiatan sosialisasi dan pelatihan Versi bagi disabilitas desa setempat.

Kuwu Desa Leuwidingding, Imas Rasdianto mengungkapkan, setelah pembentukan Kelompok Difabel Desa (KDD) beberapa waktu lalu kini ada kegiatan sosialiasi sekaligus pelatihan Gender Equality, Disability, and Social Inclusion (Gedsi). “Kami akan support kegiatan bagi para disabilitas di desa ini,” katanya, Kamis (4/7/2024).

Menurutnya, KDD memiliki peran penting dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat yang difabel melalui berbagai aspek. Ia menyebutkan, penyandang disabilitas yang ada di desa ini cukup banyak. Sehingga perlu adanya wadah, untuk berbagi informasi sekaligus solusi bagi kaum disabilitas. “KDD sebagai jembatan bagi desa untuk berkomunikasi, sehingga kaum disabilitas akan terpenuhi yang diinginkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Disabilitas Cirebon (FKDC) Kabupaten Cirebon, Abdul Mujib mengungkapkan, setelah adanya kegiatan ‘Solider’ di Kecamatan Lemahabang, maka ditindaklanjuti ke tingkat desa dengan pembentukan KDD.

“Desa Tukkarangsuwung dengan ketua Ari Sandi, Desa Leuwidingding terpilih menjadi ketua Bana, sudah terbentuk KDD dan dalam waktu dekat, Desa Lemahabang. Ketiga desa tersebut, menjadi pilot project ramah disabilitas,” tuturnya.(Pra)

Back to top button