Ayumajakuning

Pembangunan Pabrik Didemo Warga Ligung, Investor Terancam Hengkang

kacenews.id-MAJALENGKA-Manajemen PT Dodoy Mitra Busana yang tengah mendirikan pabrik garmen di Blok Dukuh Asih Desa Sukawera Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka, akan meninjau ulang pendirian pabriknya paska munculnya aksi demo sejumlah warga hingga terjadi perusakan pasilitas pabrik pekan kemarin.

Direktur PT Dodoy Mitra Busana, Deswita saat bertemu dengan sejumlah warga yang sebelumnya melakukan aksi demo dan melakukan perusakan sejumlah pasilitas perusahaan, Kamis (4/7/2024) mengungkapkan ketidak nyamanan dan ketidak amanan usahanya.
Dia menyebutkan, perusahaanya merasa dirugikan atas aksi yang dilakukan sejumlah warga yang telah merusak aset dan pasilitas pabrik yang masih dalam tahap pembangunan. Deswita mengaku ragu untuk terus melanjutkan usahanya jika kondisinya tidak aman, dan menganggu kenyamanan untuk berinvestasi.
“Jika begini situasinya kemungkinan ragu untuk terus berinvestasi. Perusahaan butuh keamanan dan kenyamanan berinvestasi,” ungkapnya.
Deswita juga menyebutkan, pihaknya juga telah dirugikan oleh kontraktor yang telah menyatakan kesiapanya menyelesaikan pembangunan pabrik. Karena perusahaanya telah menyerahkan biaya pembangunan pabrik kepada pihak kontraktor.
“Kami akan meninjau ulang pendirian pabrik, melanjutkan atau membatalkan. Ini akan kami evaluasi kembali,” ungkap Deswita.
Sementara itu pada pertemuan antara pengunjukrasa dengan pihak perusahaan, pihak warga mengaku menyesal dan menyampaikan permohonan maaf pada manajamen perusahaan. Mereka menilai telah terjadi miskomunikasi.
Suhartono perwakilan warga mengatakan, ke depan warga akan berusaha mendorong dan melindungi perusahaan untuk melanjutkan usahanya mendirikan pabrik serta menjalankan usahanya di Sukawera.
“Warga yang melakukan aksi kemarin ini menyampaikan permohonan maaf, apa yang terjadi kemarin itu sebuah miskomunikasi. Kesalahan ada pada pihak kontraktor hingga warga resah karena upah kerja belum dibayarkan,” ungkap Suhartono.
Warga kini telah memahami posisi perusahaan dengan pihak kontraktor yang melakukan pembangunan pabrik.
Aksi demo warga yang sempat merusak pasilitas perusahaan serta membakar ban di jalan Blok Dukuh Asih, Desa Sukawera, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka terjadi pada, Rabu (26/6/2024).

Aksi warga baru berhenti setelah aparat keamanan dari Polsek Ligung serta Koramil Ligung datang untuk mengamankan situasi dan melarang terjadinya aksi pengrusakan.
Aksi warga ini dilakukan menurut keterangan salah seorang warga, Nasukan, karena proyek pembangunan pabrik tidak banyak melibatkan warga, selain itu banyak pekerja bangunan yang upahnya belum dibayarkan.
Kapolsek Ligung Ajun Komisaris Polisi Asep, menyebutkan apa yang dilakukan puluhan warga adalah bentuk protes mereka terhadap kontraktor yang melaksanakan pembangunan pabrik.(Tat)

Related Articles

Back to top button