Finansial

Desa Taraju Kabupaten Kuningan, Pusat Perajin Pandai Besi dan Budaya Bubur Sura

kacenews.id-KUNINGAN-Taraju adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Desa seluas kurang lebih 123,913 Ha ini memiliki empat dusun, yakni Puhun, Pahing, Wage dan Dusun Kliwon.
Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui budaya yang ada di desa Taraju. Selain terkenal dengan desa pandai besi, desa tersebut memiliki beberapa budaya antara lain Tilawat Makan, Bubur Sura dan Babarit Desa.

Tilawat Makam merupakan wujud penghormatan masyarakat desa Taraju kepada Sesepuh Desa Taraju. Di makam kulon, terdapat dua makam sesepuh desa, yaitu Makam Buyut Karudin dan Makam Manggung Manglayang, yang merupakan salah satu dari situs-situs penting di desa Taraju. Acara Tilawat ini diadakan secara tahunan setiap bulan Rayagung.
Selanjutnya, Bubur Sura yaitu tradisi membuat bubur yang dilaksanakan pada bulan Sura. Masyarakat akan saling mengumpulkan beras yang akan dibuat bubur dan nantinya dibagian dan dinikmati oleh warga sekitar.
Sedangkan Babarit desa adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali dalam rangka memperingati hari jadi desa Taraju. Biasanya masyarakat akan mengelar yasinan bersama dilanjut menonton pertunjukan seni wayang golek di alun-alun desa Taraju.

Kepala Desa Taraju, Waslani menjelaskan bahwa pentingnya masyarakat Taraju khususnya generasi muda untuk tetep menjaga dan melestarikan setiap budaya yang ada di desa. “Sebagai generasi penerus, kita seharusnya terus melestarikan dan merawat tradisi, budaya, dan situs-situs yang ada di desa Taraju,” ujarnya
Selain itu, Waslani juga mengungkapkan harapanya untuk menjadikan desa Taraju sebagai desa wisata. “Saya berharap kedepanya desa Taraju menjadi desa wisata karena mempunyai sumber mata air Cibinuang.”, ucap kepala Desa Taraju.(Fri)

Back to top button