Ayumajakuning

Generasi Alpha, Padepokan Kirik Nguyah di Majalengka Ajak Siswa SD Cintai Alam

 

 

kacenews.id-MAJALENGKA-Padepokan Kirik Nguyuh di Desa Girimukti, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka mengajak siswa SD untuk sekolah alam,  mencintai alam, pertanian, berinovasi dan berkreasi, dengan harapan  mereka kelak dapat mendorong kemajuan sektor pertanian.

Related Articles

Ketua Padepokan Kirik Nguyuh Baron Famousa mengemukakan, pihaknya  mengajak murid – murid SD melakukan persemaian biji pepaya dan menanamnya di lahan seluas lebih dari dua hektare. Agar mereka mengetahui cara memelihara dan mamantau pertumbuhan pohonnya.Kemudian memanennya dan mengolah buah serta biji hingga memiliki manfaat dan nilai jual.

“Murid – murid SD yang merupakan generasi Alpha perlu dikenalkan pada sektor pertanian, generasi yang lahir di era industri 4.0 ini sangat dekat dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Kelak diharapkan mereka dapat mendorong perubahan untuk kemajuan sektor pertanian,” katanya.

Menurutnya, selain perlu memahami produksi pertanian, murid SD juga harus tahu proses yang dilakukan para petani, dari mulai mempersiapkan lahan, menyiapkan benih dan bibit tanaman, menanam, merawat, hingga panen.

Dia memandang perlunya menjaga dan melestarikan lahan pertanian di tengah pesatnya industrialisasi dan pertambahan jumlah penduduk, jangan sampai lahan pertanian dialihfungsikan menjadi pabrik dan perumahan.

“Kalau itu dibiarkan, lahan pertanian akan semakin sempit, dan upaya memenuhi kebutuhan pangan akan mengalami kesulitan,” katanya.

Selain itu, di padepokannya, Baron mengenalkan proses pembuatan sabun nabati terbuat dari pepaya yang dinilai lebih sehat dan biji pepaya juga dibuat sampo.

“Pepaya yang kami tanam di sini adalah hasil tanaman organik, tanpa pupuk kimia sepenuhnya mengandalkan pupuk organik karena di sini terdapat peternakan juga, kororannya kami gunakan untuk pupuk,” katanya.(Ta)

Related Articles

Back to top button