Pendidikan

Berbeda dengan Sekolah lain, Prosesi Pembagian Raport Siswa SMAN 5 Cirebon Dilaksanakan dengan Tradisi Unik

 

 

kacenesws.id-CIREBON-Pembagian raport di SMAN 5 Cirebon dilaksanakan dengan prosesi yang berbeda dari sekolah lain, pada Jumat (28/6/2024).

Prosesi pembagian raport siswa kelas X dan XI yang dilaksanakan serentak di seluruh SMA Negeri di Kota Cirebon ini, diawali sekitar pukul 07.30 WIB, guru wali kelas sudah membuat barisan 2 banjar di halaman sekolah kemudian berjalan menuju ke kelas masing-masing dipimpin oleh 3 siswa pembawa bendera merah putih.

Setelah itu, bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembagian raport kepada orang tua siswa di kelas masing-masing.

“Rencana prosesi ini bermula dari usulan guru, kemudian kami realisasi. Terlihat rapih,” kata Kepala SMAN 5 Cirebon, Iwan Agustiawan.

Ia menyampaikan, dengan masa libur sekolah hingga 15 Juli 2024, merupakan momentum para siswa untuk bisa dekat dengan orang tua dan anggota keluarga yang lain.

“Momentum dimana orang tua bisa dekat, bisa memantau anak, dan bisa menjaga anak secara langsung, serta para orang tua juga bisa mempersiapkan apa yang dibutuhkan anaknya ketika masuk sekolah. Meskipun para guru tidak libur karena sejumlah tugas di sekolah, selama satu minggu awal libur nanti para siswa pun kami imbau untuk tidak ke sekolah,” tuturnya.

Menurutnya di tahun ini, jumlah siswa kelas XII yang sudah lulus dan diterima di perguruan tinggi negeri meningkat dari tahun sebelumnya.

“Kami berharap mereka semua menjadi orang-orang yang sukses,” ucapnya.

Sementara itu Ketua PPDB tahun pelajaran 2024/2025 SMA Negeri 5 Cirebon, Hendra Darmawan mengungkapkan, kuota di sekolahnya menyediakan 11 rombel bagi peserta didik baru. Kemudian pada Jumat ini, merupakan hari terakhir pendaftaran tahap 2 jalur prestasi dan yang lainnya.

“Jalur prestasi non akademik seperti kejuaraan nantinya akan ada uji kompetensi sebelum dilakukan pengumuman penerimaan siswa,” katanya.(Jak)

 

Related Articles

Back to top button