Ayumajakuning

Hadiri Festival Gunung Ciremai, Sekda Kuningan Lakukan Pendakian Hingga Puncak

 

 

kacenews.id-KUNINGAN-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten  Kuningan H Dian Rachmat Yanuar, mengikuti kegiatan Gerakan Sapu Gunung (GSG) dalam Festival Gunung Ciremai 2024, di Puncak Gunung Ciremai, Minggu (9/6/2024).

Related Articles

 

Sekda yang selalu energik itu, berangkat melakukan pendakian melalui jalur Cadas Poleng sekira pukul 07.00 WIB, lalu menuju Cigowong, Pangguyangan Badak, Tanjakan Asoy, Apuy, dan Goa Walet.  Naik dari Batas Pegetasi pukul 04.00 WIB sampai ke  Puncak Ciremai. Kemudian kembali turun dari puncak pukul 10.20 WIB dan sampai ke Cigowong Pukul 12. 00 WIB.

Dian mengemukakan, keberadaan Ciremai sebagai atap Jawa Barat memiliki limpahan alam yang  berperan untuk  mencukupi kebutuhan hidup, khususnya warga Kuningan dan daerah sekitarnya.

“Kegiatan GSG menjadi bagian dari  Festival Ciremai, mengingatkan kita semua akan  manfaat yang telah di berikan Gunung Ciremai atas anugerah yang Allah wt berikan untuk Kuningan,” katanya.

Momen tersebut, lanjut Dian, menjadi media dalam menyuarakan betapa pentingnya tanggung jawab dalam menjaga, merawat, meruwat dan merumat Gunung Ciremai dengan keelokannya.

“Gunung Ciremai ini bukan warisan, namun titipan yang harus dijaga dan kelestariannya untuk kelangsungan hajat hidap anak cucu kita,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Kuningan H Raden Iip menyampaikan,  Ciremai Fest 2024, sekaligus melaunching Muatan Lokal Gunung Ciremai sebagai upaya memberikan pembelajaran kepada peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan, untuk mendapatkan pemahaman dalam melestarikan alam.(Emsul)

Related Articles

Back to top button