CirebonRaya

Bawa Alat Berat, Pj Bupati Cirebon Gercep Tangani Persoalan Sampah

kacenews.id-CIREBON-Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya bergerak cepat merespon keluhan masyarakat terkait sampah di Bantaran Sungai Desa Pengarengan Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon.

Terlihat tumpukan sampah mengunung di aliran sungai tersebut. Bahkan panjang tumpukan sampah mencapai 43 meter.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Cirebon langsung mengandeng Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS CC) untuk penanganan sampah yang menumpuk di aliran sungai.

Wahyu mengatakan respon dari BBWS CC ini cukup baik, ketika melihat tumpukan sampah, pihaknya langsung mengerahkan sejumlah alat berat untuk mengeruk sampah kemudian diangkut mengunakan truk milik DLH Kabupaten Cirebon.

“Kami berkomitmen menyelesaikan penarikan sampah yang menumpuk di aliran sungai hari ini. Diskusi juga dilakukan untuk membahas akses pengangkutan sampah agar proses pembersihan lebih efisien,” katanya.

Tidak hanya itu, kata Wahyu, BBWS CC berencana memasang alat penangkap sampah (Sendtrack) di beberapa titik strategis. “Alat ini diharapkan dapat mencegah sampah masuk ke aliran sungai, sehingga memudahkan proses pembersihan,” katanya.

Ia menekankan pentingnya dukungan dari masyarakat untuk mengatasi masalah sampah. Pasalnya, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan perangkat desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan mengurangi jumlah sampah rumah tangga.

“Jika masyarakat masih membuang sampah ke sungai, kondisi seperti ini akan terus berlanjut,” ungkap Wahyu.

Dengan dukungan semua pihak, Wahyu berharap masalah sampah di aliran sungai tersebut dapat segera teratasi. “Langkah-langkah konkret akan mulai dijalankan, dengan target penyelesaian secepat mungkin,” kata Wahyu.(Junaedi)

Related Articles

Back to top button