Pendidikan

Diliputi Keharuan, Kepala MAN 1 Kuningan Lepas Siswa Kelas XII

 

kacenews.id-KUNINGAN-Meski tak kuasa menahan deraian air mata, akhirnya Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuningan (Cigugur) tetap melepas siswa kelas XII setelah menamatkan sekolah, kegiatan  berlangsung di Lapangan Serba Guna sekolah setempat, belum lama ini.

Suasana penuh haru bercampur kebahagiaan itu, ditandai dengan tampilan seni budaya “karuhun” bernuansa kesundaan sehingga menarik perhatian hadirin.

Penghantar acara pelepasan, selain ditandai dengan tampilan seni budaya daerah, juga disertai amanat yang penuh makna sebagai bekal dalam menempuh kehidupan dimasa mendatang. Sebab tamat MAN 1 Kuningan ini bukan akhir sebuah perjalanan, melainkan awal dari perjuangan untuk menggapai sukses demi masa depan.

Dalam kesempatan tersebut, selain dihadiri Kepala MAN 1 Cigugur,  H Dadang Haerudin, disaksikan juga Kasubag TU Kemenag Kabupaten Kuningan, H Ahmad Sadudin, Ketua Panitia Penyelengagra Pelepasan, Rusyandi, unsur Forkopimcam Cigugur, Ketua Komite MAN 1 Kuningan, H Ono Suwarno, Komisioner Bazna Kuningan, H Yusron Kholid, para Wakil Kepala Sekolah, sejumlah guru setempat, orang tua siswa kelas XII serta undangan lainnya.

Sementara itu, Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuningan, H Ahmad Sadudin, mengemukakan, MAN 1 Kuningan  yang telah  meluluskan sebanyak 214 siswa kelas XII dengan selamat setelah  melalui proses pendidikan selama tiga tahun di sekolah.

Berkaitan dengan tema; “merajut kebersamaan menyongsong masa depan gemilang” itu memiliki arti paling dalam. Semuanya akan berpisah untuk melanjutkan kuliah ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

“Oleh sebab itu, kami merasa bangga, siswa kelas XII MAN 1 Cigugur ini sebanyak 19 orang diterima di perguruan tinggi melalui jalur prestasi, baik lewat PTUN maupun PTKIN. Namun yang harus diingat adik-adik, baik setelah di perguruan tinggi maupun dimana saja berada, hendaknya selalu mengharumkan nama baik MAN 1 Kuningan,” kata Sadudin

“Jaga nama baik almamater, jangan sampai tercorong akibat perbuatan yang tidak terpuji. Namun harus selalu diukir oleh prestasi sehingga akan membawa harum nama baik daerah maupun sekolah,” tutur Sadudin.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Sekolah, H Dadang Haerudin, mengemukakan, ilmu yang didapat selama bersekolah di Madrasah Aliyah Cigugur hendaknya dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Untuk itu pihak  sekolah mengucapkan terima kasih pada orang tua beserta komite sekolah yang mewakili masyarakat, selama ini telah memberikan kepercayaan pada sekolah untuk mendidik putra-putrinya hingga tamat dan semuanya dinyatakan lulus.

Sementara Ketua Panitia Pelepasan Kelas XII Siswa MAN 1 Cigugur, Rusyandi, menerangkan sebanyak 214 siswa yang dinyatakan lulus terdiri dari kelas XII PK-1 berjumlah 22 siswa, PK2-24 siswa dan PK-3 sebanyak 24.

Sedangkan Kelas XII IPA-1 berjumlah 30 siswa, IPA-2 33 siswa dan IPA-33 siswa. Adapun kelas XII IPS-1 berjumlah 23 siswa dan IPS-2 sebanyak 25 siswa jumlah seluruhnya mencapai 214 siswa. Selain itu, ada tiga siswa kelas XII MAN Cigugur yang mendapat stimulan pendidikan dari Baznas Kuningan.(Emsul)

Related Articles

Back to top button