CirebonRaya

Bekali Pengetahuan Penyembelih Hewan Kurban, Puluhan Juleha di Kabupaten Cirebon Dapat Pelatihan dari Distan

 

kacenews.id-CIREBON- Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon akan melakukan pelatihan untuk juru sembelih halal (Juleha) atau jagal menjelang Hari Raya Iduladha. Pelatihan ini akan melibatkan sejumlah anggota DKM di Kabupaten Cirebon.

Sekretaris Distan Kabupaten Cirebon Nanang Ruhyana melalui Subkor Produksi Hewan Ternak, Herman Saeful Bahri mengungkapkan, pelatihan untuk Juleha ini dilakukan setiap tahun, saat menjelang Hari Raya Iduladha.

Dalam pelatihan tersebut,  para calon Juleha akan diberikan pengetahuan dan latihan teknis tata cara memperlakukan hewan kurban, mulai dari cara memotong hewan kurban, dan juga kriteria hewan yang layak untuk kurban.

Karena hewan yang biasanya untuk kurban  seperti kambing, domba, dan sapi juga harus dicek kondisi fisiknya dan dipastikan dalam kondisi sehat. Agar layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, melalui para Juleha ini, Distan Kabupaten Cirebon akan memantau kondisi kurban yang sudah disembelih, layak tidaknya dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kami juga memberitahukan ternak yang layak menjadi hewan kurban. Termasuk hewan yang punya penyakit atau mengalami  kerusakan organ tubuh. Kalau ada cacing di hati hewan kurban, itu tidak bisa dikonsumsi,” tuturnya.

Herman menyampaikan, untuk pelatihan para Juleha ini kuotanya pun terbatas. Setiap tahunnya, hanya bisa diberikan pada puluhan para Juleha dari perwakilan DKM.

“Kuotanya sekitar 30 sampai 35 orang. Setiap tahun beda-beda orang yang mendapatkan pelatihan Juleha. Agar kebutuhan Juleha di masing-masing tempat di Kabupaten Cirebon terpenuhi,” katanya.

Kemudian untul pelaksanaan pelatihan Juleha, menurutnya akan dilaksanakan pada  pekan ini atau pekan depan.

“Kalau tidak ada halangan minggu ini pelatihannya, dilaksanakan selama dua hari,” katanya.(Junaedi)

 

 

Related Articles

Back to top button