Ayumajakuning

KPU Majalengka Lantik 1.029 Anggota PPS Pilkada 2024

kacenews.id-MAJALENGKA-Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Majalengka melantik 1.029 anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) Pilkada tahun 2024 dari 343 desa/kelurahan yang ada di 26 Kecamatan Kabupaten Majalengka.

Ruang pelantikan nampaknya tidak mampu menampung seluruh peserta sehingga banyak peserta yang terpaksa berdiri di luar ruangan. Mereka berbaris ke belakang singga selesai acara pelantikan dengan kondisi cuaca yang panas tanpa pendingin ruangan.

Merekapun tidak bisa mendengarkan suara yang berlangsung di dalam ruangan, karena pintu ruang pelantikan di dalam ditutup.

“Tidak ada tempat duduk di dalam, jadi masih sangat banyak yang diluar,” ungkap seorang peserta yang turut dilantik namun tidak bisa masuk

Ketua KPU Majalengka Teguh Fajar Putra Utama mengatakan pelaksanaan pemilihan Gubernur/wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Nopember 2024.

Masa kerja anggota PPS selama 8 bulan mulai 26 Mei 2024 – 27 Januari 2025. Mereka akan bekerja di 2.221 TPS desanya masing – masing.

Para peserta juga menandatangani fakta integritas yang harus dilaksanakan dengan sunguh -sungguh seluruh anggota PPS dalam menjalankan tugas sebagai pelaksana demokrasi.

Dalam perekrutan anggota PPS panitia mengakomodir disabilitas, sehingga pada anggota PPS Pilkada serentak tahun 2024 ini ada dari disabilitas .

Sementara Sekeretaris Daerah Kabupaten Majalengka Eman Suherman, berharap semua naggota PPS bisa menjalankan amanah yang diberikan dan menjalankan tugas baik.

“Peran anggota PPS sangat penting sebagai pengerak demokrasi dalam menjalankan tugas di Pilkada serentak ini, diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih serta mengawal pesta demokrasi yang bisa menghasilkan pimpinan yang diharapkan masyarakat , ” harap Eman.

Menurut Eman partisipiasi dalam Pemilu kemarin di Kabupaten Majalengka naik, sebanyak 85 persen, ini menandakan peran KPU dalam menjalankan tugas kepemiluan sengat bagus.

“Selamat menjalankan amanah sebagai Anggota PPS, dengan tetap memegang teguh komitmen dan penuh integritas agar Pilkada berjalan dengan sesuai aturan,” ungkap Sekda.(Tat)

Related Articles

Back to top button