Pendidikan

Peduli Kemanusiaan, PMI Kabupaten Cirebon dan UMC Jalin Kerja Sama

 

 

kacenews.id-CIREBON- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon melakukan perjanjian kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) di Gedung Rektorat UMC Kampus 2, Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kamis (16/5/2024).

Related Articles

Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Hj Rd Sri Heviyana mengungkapkan, kerja sama  untuk relawan di perguruan tinggi ini tidak hanya tentang masalah kebencanaan, tetapi bagaimana program-program di PMI dan UMC bisa nyambung satu sama lain.

“Alhamdulillah disambut baik oleh UMC dan kerja sama ini bisa berlanjut. Karena program kami tidak hanya masalah darah atau tentang kebencanaan saja, tetapi program-program juga. Selain dengan universitas, kami juga jalin komitmen dengan pemerintah daerah, untuk peningkatan IPM dan lainnya,” katanya.

Bahkan, kata Heviyana, sebelum adanya perjanjian kerja sama ini, PMI  sudah melakukan dua kali pelatihan dengan anak-anak di UMC.

“Kalau dibilang sudah kerjasama ya sudah jalan kerja sama, termasuk kejadian bencana kemarin itu, mahasiswa UMC sudah terlibat di dalamnya. Namun, untuk meresmikan baru sekarang,” katanya.

Ia menyebutkan,  kerja sama yang dijalin dengan perguruan tinggi  di Kabupaten Cirebon baru dilakukan dengan UMC. Sehingga tidak menutup kemungkin ke depan bisa pula menggandeng beberapa universitas lainnya.

“Kalau program donor darah kita sudah ada kerja sama dengan STAIN. Itu hanya masalah darah, namun dengan UMC ini selain relawan juga masuk beberapa program-program yang lain di dalam nantinya, termasuk donor darah juga,” katanya.

Rektor UMC, Arif Nurudin menyambut baik langkah yang dilakukan PMI menggandeng lembaga pendidikannya. Meski sebenarnya sudah banyak kerjasama yang dilakukan dengan PMI, hanya sekarang ditindaklanjuti dengan sebuah MoU, sehingga bisa diperluas lagi kerjasamanya.

“Kerja sama ini mulai dari kebencanaan, stunting dan sebagainya. Nanti teknisnya kami ke mahasiswa mengedukasi tentang kegiatan-kegiatan. Ketika PMI butuh mahasiswa, sarana dan lainnya kita siap membantu PMI dalam rangka kegiatan kemanusiaan,” tuturnya. (Junaedi)

Related Articles

Back to top button