CirebonRaya

Film Ajian Kemat Jaran Guyang Baridin Suratminah Tayang di Bioskop

kacenews.id-CIREBON- Setelah sukses dengan Film Siska The Movie, kini Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Bagian Protokol Komunikasi Pimpinam (Prokompim) kembali mengarap film asli Cirebon.

Film garapan Kabag Prokompim, Faisal Amir, ini mengambil sebuah cerita rakyat Cirebon yakni “Ajian Kemat Jaran Guyang” Baridin Suratmiah.

Dalam film tersebut bercerita tentang kita percintaan seperti Romeo dan Juliet, di mana Baridin yang merupakan tokoh utama cintanya ditolak oleh Suratminah karena Baridin merupakan pemuda miskin dan Suratminah merupakan anak orang kaya.

Ketika ibu Baridin yakni Mbok Wangsih mengungkapkan cinta anaknya, malah mendapatkan penolakan dan cacian dari Suratminah.

Singkat cerita Baridin pun sangat sakit hati dan marah mendengar bawah sang ibu dibuat sakit hati, sehingga Baridin gelap mata dengan melakukan ritual Kemat Jaran Guyang untuk memikat Suratminah.

Tidak sampai di situ, Baridin pun sampai melakukan puasa 40 hari-40 malam untuk menaklukkan Suratmina, akhirnya Suratminah pun tergila-gila dan saat mendatangi Baridin untuk meminta dinikahi, sayangnya Baridin meningga dunia.

Sehingga cerita rakyat Cirebon ini diangkat oleh Kabag Prokompim Setda Kabupaten Cirebon, Faisal Amir yang juga sebagai produser untuk diangkat menjadi film layar lebar.

“Proses pengambilan gambar cukup panjang, da melibatkan beberapa pemain, di antaranya Bupati Cirebon, H Imron, Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih dan beberapa pejabat lainnya,” katanya.

Bahkan film kedua besutan Kabag Faisal Amir ini kini sudah tayang di CGV Grage City Mall Cirebon di Gala Premiere pada Kamis (16 Mei 2024). Namun, untuk serentaknya akan tayang di Selasa (21/5/2024) akan datang.

“Ini baru Gala Premiere, nanti tayangnya secara umum tanggal 21 Mei, di CGV Grage City Mall Cirebon, kalau untuk XXI tinggal nunggu jadwalnya,” katanya.

Faisal menyebut film garapannya ini mengusung genre Horor, tetapi banyak pesan yang disampaikan di film tersebut. “Banyak pesan yang disampaikan, khususnya untuk dari Pemerintah Kabupaten Cirebon kepada masyarakat,” ujarnya.(Junaedi)

Related Articles

Back to top button