Ayumajakuning

Prestasi Popwilda Turun, Kuningan Harus Puas Tempati Peringkat Empat

 

 

 

Related Articles

 

kacenews.id-KUNINGAN-Prestasi kontingen Kabupaten Kuningan dalam Pekan Olahraga Wilayah Daerah (Popwilda) Wilayah 3 Jawa Barat 2024 mengalami penurunan, karena harus puas menempati peringkat keempat dari 7 kabupaten dan kota.

Padahal di 2017 di Kabupaten Pangandaran dan  2019 di Kabupaten Sumedang bertengger di posisi juara umum kedua.

Dari 8 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, 3 cabor mengalami kekalahan. Yakni tenis meja, sepak takraw dan bola voli. Namun dari 120 atlet yang diterjunkan, Kota Kuda hanya meloloskan 13 nomor/kelas. Itu pun penyumbang terbanyak dari pencak silat mencapai 8 kelas.

“Popwilda sekarang, Kuningan menempati peringkat keempat,” ujar Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan, Bayu Rusman diamini Analis Kebijakan Ahli Muda, Yana Ristosa ketika dihubungi Senin (6/5/2024).

Sedangkan yang menjadi juara ke-1 dan ke-2 dalam pelaksanaan Popwilda sehingga mendapatkan tiket untuk melaju ke  Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda)  2025 untuk bola basket putra (juara ke-2),  bola basket putri (juara ke-2), bulutangkis putra (juara ke-2), tenis lapang putri (juara ke-2) dan sepak Bbola (juara ke-1).

Ditambah 8 tiket dari pencak silat yang terdiri dari Nomor Kelas Jurus Tunggal Putra (juara ke-1), Nomor Kelas Jurus Tunggal Putri (juara ke-2), Nomor Jurus Regu Putri (juara ke-2).

Serta Kategori Tanding Nomor Kelas C Putra (Juara ke-1), Nomor Kelas D Putra (juara ke-1), Nomor Kelas I Putra (juara ke-1), Nomor Kelas B Putra (juara ke-2) dan Nomor Kelas H Putri (juara ke-2).

Berdasarkan perolehan juara Popwilda Wilayah 3 Jawa Barat, bertengger di peringkat pertama adalah Kabupaten Cirebon dengan perolehan 11 medali emas, 5 medali perak dan 8 medali perunggu, Kota Cirebon di urutan kedua karena meraih 9 medali emas, 8 medali perak dan 11 medali perunggu.

Kabupaten Sumedang berhasil berada di peringkat ketiga dengan raihan 5 medali emas, 9 medali perak dan 12 medali perunggu, Kabupaten Kuningan harus puas di posisi keempat karena hanya meraih 5 medlai emas, 8 medali perak dan 13 medali perunggu, Kabupaten Majalengka di peringkat kelima dengan perolehan 3 medali emas, 3 medali perak dan 6 medali perunggu.

Kabupaten Pangandaran berada di urutan keenam dengan raihan 1 medali emas, 2 medali perak dan 5 medali perunggu. Posisi terakhir ketujuh adalah Kabupaten Indramayu karena hanya mengumpulkan 1 medali emas dan 8 medali perunggu.  Total keseluruhan medali yang diperebutkan adalah 35 medali emas, 35 medali perak dan 63 medali perunggu.(Ya)

 

Related Articles

Back to top button