Ayumajakuning

13.200 Calon Jemaah Haji Bakal Berangkat dari Bandara Kertajati Majalengka

kacenews.id-MAJALENGKA-Jumlah calon jemaah haji yang akan berangkat dari Bandara Kertajati mencapai sebanyak 13.200 orang, sebanyak 150 orang di antaranya adalah petugas haji yang akan mendampingi semua jemaah calon haji.
Menurut keterangan Kepala Biro Kesra Setda Pemprov jawa Barat Faiz Rahman, calon jemaah yang berangkat haji dari Bandara Kertajati berasal dari yang berasal dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Subang, Sumedang, Kora Bandung dan Kabupaten Bandung.

Seluruh jemaah akan menjalani karantina di Asrama Haji Indramayu yang tahun lalu sudah dioperasikan, sebelum melakukan penerbangan melalui Bandara Kertajati.
“Ada sebanyak 30 kelompok penerbangan yang akan berangkat dari Bandara Kertajati, ke 30 kloter ini akan dibagi dua gelombang. Untuk gelombang pertama diberangkatkan sebanyak 12 kloter dan gelombang kedua sebanyak 18 kloter,” jelas Faiz.

Sementara itu Pj Gubernur Jawa Barat bey Triadi Machmudin mengungkapkan, keberangkatan calon haji asal Jawa Barat melalui Bandara Kertajati akan dilakukan pada 12 Mei 2024
Di Bandara Kertajati, Bey meninta pihak manajemen PT BIJB untuk memperbanyak petunjuk arah untuk memudahkan para calon haji yang akan berangkat. Teruma untuk mereka yang baru mengenal Bandara Kertajati agar tidak kesasar.
“Petunjuk arah penting untuk mempermudah jemaah calon haji kemana mereka harus jalan untuk sampai di tujuan dengan mudah adan aman.” ungkap Bey yang juga menyarankan agar para petugas yang ada di Bandara Kertajati bisa bersikap ramah serta bersikap ceria kepada semua calon haji.

Penambahan petugas kebersihan dan pendamping jemaah di bandara saat keberangkatan dan kepulangan dipandang perlu untuk ditambah. Hal yang perlu diperhatikan pula menurut Bey adalah banyaknya jemaah calon haji yang sudah berusai lanjut, makanya pendampingan untuk membantu jemaah harus diperhatikan agar tenaga mereka bisa lebih dihemat.
Pergerakan yang menguras tenaga harus dibatasi betul. “Titip, jemaah lansia perlu pendampingan ekstra, banyak juga dari jemaah yang mungkin baru pertama kali naik pesawat sehingga hal ini jangan sampai menghambat keberangkatan dan menghambat yang lainnya. Sekali lagi saya titipkan kepada pegawai BIJB untuk selalu bersikap ramah, sopan, berikan senyum yang tulus, jangan memberi tekanan apalagi kasar sehingga membebani mental jemaah,” pinta Pj Gubernur Bey.(Ta)

Related Articles

Back to top button