CirebonRaya

Masjid Syarif Abduhrachman Cirebon diprakarsai Jenderal Santri Dudung Abdurachman

kacenews.id-CIREBON-Pembangunan Masjid Syarif Abduhrachman diprakarsai oleh Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M.

Masjid tersebut dinamai dengan Masjid Syarif Abdurachman yang baru diresmikan 1 tahun lalu, tepatnya pada hari Jumat, 25 Agustus 2023 oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Jendral TNI Dudung Abdurachman yang pada saat itu merupakan Kepala Staf Angkatan Darat.

Jendral Purna TNI Dudung Abdurachman mengatakan, masjid yang begitu besar dan megah ini sudah bisa digunakan untuk kegiatan beribadah masyarakat.

Hal menarik lainnya dari Pembangunan Masjid Syarif Abdurahman ini bahwa perancang arsitektur Masjid Syarif Abdurahman ini adalah Brigjen TNI I Nengah Wiraatmaja yang beragama Hindu yang sekaligus bertugas sebagai pimpinan pembangunan masjid tersebut.25 Agu 2023

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat Dudung Abdurachman, memaparkan tentang proses pembangunan Masjid Syarif Abdurachman. Ia pun menceritakan sedikit filosofi di balik arsitektur masjid ini.

“Tadinya ada 2 trap (undakan). Kemudian ada 3 trap. Karena dalam Islam ada syariah, ada akidah dan ada akhlak. Akidahnya dulu, kepercayaannya dulu, keimanannya dulu, keIslamannya dulu, ketiganya akhlak,” ungkap Dudung.

Sebagai informasi, pembangunan Masjid Syarif Abdurachman memakan waktu selama 15 bulan, dimulai sejak bulan Mei 2022. Masjid didirikan di atas tanah seluas 2.8 hektar, dengan luas bangunan masjid 1.800 meter persegi dan diperkirakan dapat menampung sekitar 1.750 jemaah.

Adapun penamaan masjid terinspirasi dari sejarah seorang tokoh penyebar Islam ternama di Nusantara, yaitu Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Sedangkan Abdurachman diambil dari nama Syekh Abdurachman yang merupakan paman sekaligus guru dari Sunan Gunung Jati yang mempunyai makna hamba yang pengasih

Dudung mengungkapkan, terbangunnya masjid ini merupakan cita-cita dulu ketika dirinya masih berpangkat Kapten.

Ia menjelaskan, nama Masjid Syarif Abdurachman ini diambil dari dua sosok yang berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, khususnya Cirebon, yakni Syarif Hidayatullah dan Syekh Abdurachman

“Kalau Syarifnya itu, nama dari Sunan Gunung Jati. Kalau Abdurachman itu, dari pamannya, yaitu Syekh Abdurachman. Nah, sekarang Dudung Abdurachman itu cucunya berarti,” katanya.

Sementara sebelumnya Wapres Ma’ruf Amin mengatakan dirinya sangat kagum dengan pembangunan Masjid Syarif Abdurachman yang begitu besar dan indah.

Menurutnya, Kasad Jendral TNI Dudung Abdurachman merupakan Jendral Santri, karena selalu ingat dengan masjid.

“Ini masjid yang indah dan sangat luar biasa, karena membangun masjid kelak akan dibangunkan rumah di surga,” katanya.***

Back to top button