CirebonRaya

Maksimalkan Pelayanan Adminduk, Disdukcapil Kabupaten Cirebon Gencarkan Program Kelingan

 

kacenews.id-CIREBON-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon mensosialisasikan program keliling layanan (Kelingan). Program ini dilaksanakan untuk memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat

Dalam program Kelingan Disdukcapil Kabupaten Cirebon bakal menyisir dan turun langsung ke desa-desa untuk memberikan pelayanan secara langsung kepada warga yang belum memiliki administrasi kependudukan.

Related Articles

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, H Hilmi Riva’i, mengapresiasi program Kelingan yang merupakan inisiatif dari Disdukcapil. Karena layanan dasar yang menjadi kewajiban pemerintah dalam administrasi kependudukan.

Menurutnya, persoalan dalam administrasi kependudukan ada tiga hal, sehingga belum berjalan secara maksimal. Selain tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya dokumen kependudukan belum tumbuh, juga karena kesibukan dan sebagainya menjadi alasan masyarakat enggan menyelesaikan kewajiban kependudukannya. Kemudian pelayanan yang perlu ada terobosan baru untuk memberikan pelayanan yang mudah.

“Pemerintah memang harus memberikan kemudahan pelayanan tentang kependudukan ini. Layanan kependudukan ini harus dekat dengan masyarakat. Nanti ke depan layanan kependudukan bisa dilakukan di tingkat desa, kecamatan, bahkan bisa diakses dengan digital,” tuturnya.

Menurutnya, dengan kondisi sekarang yang kesadaran masyarakat belum tinggi, maka perlu dilakukan jemput bola melalui program Kelingan yang terjun langsung ke masyarakat memberikan pelayanan adminduk.

“Tidak hanya memberikan pelayanan kependudukan, tapi juga memberikan sosialisasi serta pemahaman pentingnya dokumen kependudukan, untuk layanan pendidikan, kesehatan, sosial, dan layanan publik lainnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon, H. Iman Supriadi menyampaikan, pihaknya menargetkan permasalahan data kependudukan yang valid di Kabupaten Cirebon segera selesai. Salah satunya dengan program Kelingan ini pihaknya akan turun langsung ke lapangan.

“Program Kelingan ini kita akan turun di beberapa desa dan juga kecamatan. Data-data kependudukan yang tidak valid itu akan diselesaikan semua. Diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini, agar kita betul-betul memiliki data yang valid,” katanya.(Junaedi)

 

Related Articles

Back to top button