Opini

Penyebab Bencana

MUSIM hujan belum berakhir. Hujan diprediksi baru akan berakhir pada April atau Mei mendatang. Masih berlangsungnya musim hujan di wilayah Cirebon dan sekitarnya harus diwaspadai. Karena bencana seperti banjir dan tanah longsor tetap mengancam. Sebab itu, diperlukan kewaspadaan agar bencana tidak menelan korban banyak.
NAMUN kebanyakan dari kita dalam mengatasi masalah itu instan. Artinya, akar yang menjadi masalah itu sendiri lupa diselesaikan. Kasus-kasus bencana misalnya, baru diantisipasi setelah bencana tersebut terjadi.
Sementara bila tidak ada kasus, maka abai dalam mengantisipasi kemungkinan datangnya bencana. Cara berpikir yang demikian itu harus diakhiri. Maksudnya, ada atau tidaknya bencana alam, entah banjir, longsor dll, maka harus ada perencanaan atau konsep yang matang agar potensi bencana tersebut dapat diantisipasi.
Tapi apa boleh buat, cara mengatasi masalah dengan cara instan ini masih menjadi fenomena sehingga jangan harap dalam waktu panjang masalah tersebut dapat diatasi.
Meski demikian, kita masih beruntung karena pemda yang selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi banjir di musim hujan. Setidaknya, bila ada kejadian banjir dapat langsung diatasi. Apalagi, musim penghujan kali ini sudah menimbulkan banjir di sejumlah wilayah III Cirebon.
Korban harta benda pun lumayan besar. Atisipasi banjir yang kini sedang digalakkan oleh pemda sudah selayaknya.
Pemda harus dipastikan hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pertolongan. Keyakinan ini perlu disampaikan agar masyarakat merasa ada yang melindungi.
Pemda harus melakukan langkah antisipasi dan pertolongan kepada masyarakat jika terjadi bencanaseperti banjir dan sebagainya. Pada akhirnya pemda harus hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan pertolongan.
Apalagi jika terjadi bencana banjir, masyarakat jangan sampai kebingungan ke mana mereka hendak mencari pertolongan. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya setiap dinas siaga 24 jam guna mengantisipasi bahaya banjir di saat musim penghujan yang belum berakhir ini.
Hanya, tidak cukup sampai di situ. Karena akar yang menjadi penyebab musibah atau bencana itu sendiri yang harus diselesaikan secara berkala. Buat program pembangunan yang dapat mengantisipasi bencana saat musim hujan. Karena musim hujan ini belum berakhir.***

Related Articles

Back to top button