CirebonRaya

Terapkan WFD, Disbudpar Kota Cirebon Berupaya Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

 

kacenews.id-CIREBON-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menerapkan program berkantor di tempat wisata atau Work From Destination (WFD). Terobosan baru untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon ini dijadwalkan mulai berjalan pekan depan.

“FWD akan dijalankan pada Kamis dan Jumat, nanti saya akan ditemani dengan kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan. Kedua bidang ini akan bergantian ikut berkantor di destinasi wisata tersebut,” kata Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya.

Ia mengungkapkan, destinasi wisata yang menjadi tempat WFD di antaranya  Kampung Arab Panjunan,  Keraton Kacirebonan, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keraton Kaprabonan.

“Saat berkantor di Kacirebonan, pegawai kami akan berkeliling ke masyarakat dan berinteraksi dengan wisatawan. Masukan yang disampaikan sangat berarti untuk perkembangan sektor wisata di Kota Cirebon,” tuturnya.

Agus menilai, WFD efektif melihat kondisi obyek wisata di Kota Cirebon. Karena dapat melihat langsung apa yang terjadi di destinasi wisata unggulan ini.

“Di Kampung Arab Panjunan kami juga akan memantau lokasi sekitarnya, agar lebih memahami kultur dan persoalan yang ada di obyek wisata itu,” ujarnya.

Menurutnya, Pemda telah merintis infrastruktur dua obyek wisata tersebut sejak 2023. Meski infrastruktur yang ada belum sempurna, tetapi wisatawan sudah bisa berkunjung ke destinasi wisata ini.

“Kalau dikunjungi tentu bisa, hanya kondisi obyek wisata keduanya belum sempurna. Masih perlu ada perbaikan dan perawatan,” katanya.

Ia berharap, program WFD ini mampu melahirkan gagasan program wisata yang tepat sasaran dan bisa dinikmati oleh wisatawan. Sehingga destinasi wisata di Kota Cirebon terkenal hingga tingkat dunia.(Jak) 

 

Related Articles

Back to top button