CirebonRaya

RSUD Arjawinangun Berjaga Antisipasi Arus Mudik dan Balik Lebaran

kacenews.id-CIREBON-Jumlah pemudik pada arus mudik Lebaran 2024 ini diprediksi mengalami lonjakan signifikan. Sehingga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun pun telah menyiapkan sarana, prasarana, SDM hingga obat-obatan untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan dari padatnya arus mudik tersebut.

Direktur RSUD Arjawinangun, dr H Bambang Sumardi mengatakan, persiapan yang dilakukan RSUD Arjawinangun dalam mengantisipasi dampak kepadatan arus mudik dan balik lebaran 2024 ini, sudah seratus persen.

“Kita sudan mempersiapkan segala sesuatunya, baik dari IGD, SDM, sarana prasarana termasuk obat-obatan sampai kamar jenazah,” ujar Bambang Sumardi, Kamis (4/4/2024).

Menurut Bambang, para petugas yang disiapkan, termasuk sarana prasarana yang ada bakal disiagakan dari H-7 sampai H+7 Lebaran. Ia menempatkan para petugasnya untuk berjaga selama 24 jam non stop.

“Kami jadwalkan, khusus untuk petugas jaga 24 jam mulai H-7 sampai H+7, mereka yang bertugas akan dibagi tiga shift,” paparnya.

Meskipun lonjakan pemudik saat menjelang lebaran cukup signifikan setiap tahunnya, namun Bambang menyebut angka kecelakaan justru lebih banyak datang dari warga lokal sendiri.

Hal itu, lantaran penduduk lokal diduga kurang disiplin dalam berlalu lintas. “Dari tahun ke tahun kasus yang banyak itu dari penduduk lokal. Biasanya kecelakaan motor,” ujarnya.

Untuk arus mudik tahun ini, Bambang mengaku bakal meningkatkan kesiapsiagaannya, mengingat jumlah pemudik diprediksi mengalami peningkatan signifikan. Termasuk menyiagakan ambulan dan kamar operasi.

“Kami meningkatkan siaganya, ambulan dan kamar operasi kita siagakan untuk operasi, ada operasi cito yang khusus menangani itu,” ungkapnya.(Juanedi)

Related Articles

Back to top button