CirebonRaya

Sukses Membangun, Bupati Imron Tanda Tangani 25 Prasasti Hasil Pembangunan 2023

kacenews.id-CIREBON-Salah satu rangakaian acara puncak peringatan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Cirebon ke-542 tahun, yakni berupa penandatanganan batu prasasti hasil pembangunan 2023 pada Selasa (2/4/2024).

Kegiatan yang digelar di Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Cirebon ini, ada sebanyak 25 batu prasasti yang ditandatangani langsung oleh Bupati Cirebon, H Imron dan didampingi Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, unsur Forkopimda serta para pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon.

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon, H Imron menyampaikan, acara peresmian pembangunan tahun 2023 ini terasa istimewa, karena di 2024 ini menjadi tahun terakhir kepemimpinannya. Ia juga mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas beberapa targetan pembangunan yang dapat tercapai.

“Tentunya keberhasilan ini berkat kerja sama dan dukungan dari semua pihak baik antara eksekutif, legislatif, unsur Forkopimda, dunia usaha dan masyarakat, serta adanya pelaksanaan pembangunan yang terarah dan terkoordinasi antara program pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat, capaian pembangunan ini tidaklah lain untuk masyarakat Kabupaten Cirebon,” kata Imron.

Ia melanjutkan, hasil pembangunan 2023 itu kiranya menjadi motivasi bagi semua dalam menghadapi proses pembangunan ke depan agar dalam prosesnya lebih terencana, terarah dan terkoordinasi.

“Sehingga hasilnya memberikan peluang terhadap pencapaian tujuan pembangunan secara optimal sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Cirebon, Hafis Iswahyudi, alokasi belanja modal pada 2023 untuk kegiatan pembangunan daerah ini, telah ditenderkan pelaksanaanya oleh unit kerja pengadaan barang atau jasa (UKPBJ).

“Adapun pembangunan yang diresmikan secara simbolis saat ini sebanyak 25 paket pembangunan, mewakili enam dinas yang kegiatannya dilaksanakan pada tahun 2023 kemarin,” kata Hafis usai kegiatan penandatanganan batu prasasti tersebut.

Adapun kegiatan yang di resmikan secara simbolis, kata dia, rehabilitasi gedung eks kantor koperasi, pembangunan gedung kantor UPT Kecamatan Babakan, UPT Mundu, UPT Losari, UPT Tengahtani, serta UPT Suranenggala pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Cirebon.

Selanjutnya, pembangunan pasar Winduhaji, revitalisasi pasar Jamblang, Pembangunan gapura selamat datang wisata kuliner Talun, revitalisasi SD 1 Asem Lemahabang, SDN 1 Waled Asem Waled, SDN 1 Geyongan Arjawinangun, SDN 2 Sitiwinangun Jamblang, rehabilitasi ruang perpustakaan SMPN 2 Karangsembung pada Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Dilanjut, penataan masjid Agung Sumber, pembangunan gedung barang bukti dan mess Kantor Kejaksaan Negeri Sumber, rehabilitasi jaringan irigasi DI Panongan, pembangunan pengolahan instalansi pengolahan air/sumur dalam, pembangunan pengolahan sampah Kelurahan Kenanga.

“Serta pembangunan gapura, sarana dan prasarana Pesantren Buntet oleh Dinas PUTR,” ungkap Hafis.

Sementara itu, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Cirebon, Komarudin menjelaskan, penandatanganan batu prasasti ini dilakukan secara simbolis, yang kebetulan momentumnya bertepatan dengan hari jadi ke-542 Kabupaten Cirebon yang jatuh pada tanggal 2 April 2024. “Untuk hasil pekerjaan maupun secara administrasi proyek tahun anggaran 2023 kemarin dinyatakan bagus, ini merupakan serah terima hasil pekerjaan dari kontraktor ke pemerintah daerah,” kata Komarudin.(Mail)

Back to top button