Finansial

Gelar Bincang Ramadan, BI Dorong Percepatan Digitalisasi Transaksi Pemda

 

kacenews.id-CIREBON-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) wilayah Cirebon terus mendorong percepatan dan akses perluasan digitalisasi transaksi pemerintah daerah (Pemda) se-wilayah Cirebon, dengan mengimplementasikan pemanfataan Perda Kartu Kredit Indonesia (KKI) QRIS.

Kepala Bank Indonesia wilayah Cirebon Anton Pitono menyampaikan, Bank Indonesia sangat mendukung implementasi KKI QRIS, terlebih ini akan semakin mempercepat proses transaksi keuangan Pemda.

Related Articles

“Sekarang yang dibutuhkan adalah kesungguhan dari Pemda. Bank BI akan terus melakukan kolaborasi dengan Pemda agar seluruh transaksi dalam pengadaan barang dan jasa bisa dilakukan dengan KKI QRIS,” tutur Anton dalam Bincang Ramadan dan Buka Puasa Berasama dengan awak media di Kantor Bank Indonesia Cirebon Senin (1/4/2024).

Menurutnya, terdapat beberapa kendala KKI QRIS, yang pertama mindset terhadap penggunaan KKI QRIS di sisi Pemda. Sedangkan di satu sisi lainnya, perlu pembenahan dari sisi birokasinya.

“KKI QRIS sudah mulai diterapkan khususnya pada sejumlah dinas terkait di wilayah Cirebon.  Hanya  masih harus dibenahi dari sisi SOP, agar sistem KKI  QRIS dapat dijalankan dengan fleksibel karena banyak keuntungannya,” katanya.

Ia menyebutkan, KKI QRIS saat ini sudah dilaunching bjb khusus untuk di Kota Cirebon. Bahkan di wilayah Crebon telah ada yang melakukan penjajakan kerja sama dengan bank milik pemerintah provinsi tersebut.

“Peran BI dalam KKI QRIS untuk mentrigger agar proses pengadaan barang dan jasa ini bisa dilakukan dengan transparan dan cepat sehingga tidak perlu lagi proses yang seperti zaman dulu,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, keuntungan lainnya yakni seluruh pembayaran pelaksanaan barang dan jasa dapat dilakukan secara online.

“Ini merupakan bagian dari digitalisasi yang paling utama. Untuk pelaksanaannya harus dikuatkan juga dengan kepala daerah,” katanya.(Ep)

 

 

 

Related Articles

Back to top button