CirebonRaya

Cegah Bahaya Pengaruh Narkoba, Awak Bus di Terminal Harjamukti Dites Urine

 

kacenews.id-CIREBON- Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine awak bus yang beroperasi di Terminal Tipe A Harjamukti Kota Cirebon, Selasa (2/4/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan sopir dan kernet bus yang melayani masyarakat dalam masa mudik berada dalam kondisi sehat dan bebas dari pengaruh narkoba.

Related Articles

Kepala BNN Kota Cirebon, Tunggul Sinatrio mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan ini merupakan bagian dari rutinitas yang dilakukan pada hari-hari besar seperti Natal, Tahun Baru, dan Idulfitri, yang bertujuan untuk mempersiapkan para pelayan masyarakat terutama pengemudi agar dapat memberikan layanan yang optimal, tanpa adanya pengaruh negatif dari narkoba.

Menurutnya, proses pemeriksaan melibatkan tim medis dan ahli dari BNN untuk memastikan akurasi dan tindakan lanjutan sesuai prosedur yang berlaku. Kemudian pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh, termasuk pengujian kadar zat-zat tertentu, seperti vitamin untuk memastikan kesehatan dan kestabilan kondisi para pengemudi.

“Kami juga dibantu oleh rekan-rekan dari kedokteran dan dari BNN ada tenaga-tenaga yang berkaitan tentang masalah tespektif dan sebagainya,” katanya.

Ia mengemukakan, hasil positif dari pemeriksaan akan di proses  sesuai dengan hukum yang berlaku, termasuk proses rehabilitasi bagi yang terbukti menggunakan narkoba. Tindakan ini diambil sebagai langkah preventif untuk memastikan keselamatan seluruh penumpang dan masyarakat umum dari bahaya pengaruh narkoba di jalan.

“Jika yang bersangkutan tidak layak untuk melaksanakan kegiatan mengemudi ataupun melayani masyarakat, ini akan kami proses dan sesuai dengan ketentuan undang-undang mereka akan dilaksanakan rehabilitasi,” tuturnya.(Jak) 

 

 

 

Related Articles

Back to top button