CirebonRaya

Gempa Bumi Guncang Tuban Jawa Timur, Getarannya Terasa sampai Cirebon

kacenews.id-CIREBON-Kabupaten Tuban Jawa Timur dan sekitarnya, Jumat, 22 Maret 2024 hingga pukul 13.20 WIB telah diguncang delapan kali rangkaian gempa bumi tektonik. Guncangan terkuat magnitud0 6.0 dan terendah magnitudo 3.2 dipastikan tidak berpotensi tsunami.
Meski demikian gempa Tuban susulan terasa hingga sampai ke Cirebon.”Terasa banget Cirebon terasa bergetar. Kira-kira pukul 15.45 WIB,” kata seorang warga Kota Cirebon, Indra.
Senada dikatakan Alief. Saat kejadian, Ia berada di kantor di Jalan Tanda Barat Kejaksan Kota Cirebon. “Saat terasa gedung bergetar, tau bahwa itu gempa. Maka saya langsung berlari turun dari lantai dua ke luar kantor.” ungkapnya.
Sementara Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Daryono, hari Jumat, 22 Maret 2024 pukul 11.22.45 WIB wilayah Pantai Barat Gresik, Jawa Timur diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter 6.0 dan di update dengan magnitudo M5,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,79 derajat Lintang Selatan dan 112,32 derajat Bujur Timur. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 126 kilometer arah Timur Laut pusat pemerintahan Kabupaten Tuban Jawa Timur pada ke dalaman 10 kilometer.

Meski demikian guncang Kabupaten Tuban Jawa Timur dan sekitarnya, tidak berpotensi Tsunami. Sementara untuk jenis dan mekanisme gempa bumi, Daryono memaparkan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan ke dalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Gempa bumi terjadi akibat adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike-slip.

“Hingga pukul 13.20 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya delapan kali aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock dengan magnitudo terbesar magnitudo 5,3 dan terkecil magnitude 3,2,” terang

Daryono, dikutip dari media sosialnya @daryonobmkg. Sementara terkait dampak yang ditimbulkan, guncangan gempa bumi berdampak dan dirasakan di daerah Tuban dengan skala intensitas IV hingga V MMI. Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk. Sementara di wilayah Pulau Bawean Gersik Jawa Timur guncangan gempa bumi dirasakan dengan skala intensitas III atau IV MMI. Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Wilayah lainnya, di Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, hingga Semarang, dan Yogyakarta bahkan guncangan terakhir terasa hingga Cirebon dengan skala intensitas II hingga III MMI.(Jak)

Related Articles

Back to top button