CirebonRaya

Pelaku Guru Cabul Ditahan Polisi, Disdik Diminta Lakukan Pendampingan terhadap Korban

 

 

kacenews.id-CIREBON- Polres Cirebon kini sudah menangani dugaan kasus pencabulan yang dilakukan oknum guru olahraga di salah satu SD di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Kepolisian juga sudah melakukan pemeriksaan kepada beberapa saksi, pasca laporan atas kejadian tersebut diterima.

Menanggapi dugaan pencabulan yang dilakukan oknum guru tersebut, Penjabat Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengaku prihatin. Apalagi ada dua kasus terjadi dalam waktu berdekatan.

Yakni perundungan (bullying) terhadap siswa SD di salah satu madrasah di Kecamatan Harjamukti dan kasus dugaan pencabulan di salah satu SD di Kecamatan Kesambi.

“Guru itu identik dengan perilaku yang menjadi teladan, tentu kita prihatin dengan kejadian itu,” kata Agus.

Ditambahkan Agus, pihaknya sudah meminta penanganan jangka pendek dan jangka panjang kepada Dinas Pendidikan (Disdik). Untuk jangka pendek, Pj Walikota sudah meminta Dinas Pendidikan memberikan pendampingan terhadap anak dan keluarganya.

“Apalagi sebentar lagi akan ada ujian, jadi perlu pendampingan dari sisi pendidikan maupun psikologi. Dan untuk proses hukum diserahkan kepada prosedur yang berlaku di kepolisian,” katanya.

Kemudian, pihaknya juga sudah meminta kepada PGRI untuk turut memonitor dan mengawal proses ini, tanpa mengintervensi proses hukum.

Agus juga menyampaikan permohonan maaf atas dua kejadian ini. Karena itu, ke depannya perlu dilakukan langkah serius untuk dapat mencegah terjadinya peristiwa semacam ini terulang.

“Kami mohon atas perilaku dan kejadian ini. Jangka panjang, ini tugas didik termasuk juga soal perundungan,” katanya.

Diakuinya, perlu pengawasan terhadap guru dari orang tua, dalam proses belajar mengajar di dalam dan luar sekolah.”Kita tidak mau kasus pelecehan, perundungan terjadi lagi. Jadi harus melibatkan banyak pihak untuk mencegah ini terulang,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Rano Hadiyanto membenarkan bahwa oknum guru yang menjadi terduga pencabulan kini sudah ditahan. “Sudah, nanti ke kasres (kasat reskrim) ya,” kata Kapolres Cirebon Kota saat dihubungi.

Namun, saat dihubungi Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP Anggi Prasetyo belum memberikan keterangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang siswi SD di sebuah sekolah yang berada di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon menjadi korban dugaan pencabulan oleh guru olahraga.

Kejadian ini kemudian dilaporkan oleh teman-teman korban kepada orang tua korban berinisial S (47 tahun).

Kemudian persoalan ini dilaporkan ke Polres Cirebon Kota termasuk melakukan visum untuk membuktikan kejadian tindak pidana tersebut.

“Pulang sekolah, bawa teman-temannya. Di situ didampingi untuk bercerita. Akhirnya disampaikan kejadian itu, dan itu membuat saya terpukul,” kata S.

Sehingga dengan kejadian itu, orang tua korban ingin pelaku dihukum seberat-beratnya. Mereka juga sudah membuat laporan ke polisi.(Cimot)

Related Articles

Back to top button