CirebonRaya

Dampak Banjir, Dinkes Kabupaten Cirebon Buka 30 Posko Kesehatan

kacenews.id- CIREBON- Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon menyiagakan pos pelayanan kesehatan di beberapa tempat yang terdampak banjir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, dr Hj Neneng Hasanah mengatakan, pihaknya menyiagakan pos pelayanan kesehatan di daerah yang terdampak banjir di wilayah timur.

“Kita dirikan 30 pos pelayanan kesehatan di 12 Puskesmas di delapan kecamatan, diantaranya Puskesmas Waled ada empat pos pelayanan kesehatan. Puskesmas Pabedilan ada tiga pos, Puskesmas Pasaleman dua pos, Atanajapura dua pos, Gembongan dua pos, Cibogo dua pos, Ciledug tujuh pos, Kubangdeleg satu pos, Pabuaran dua pos, Kalimaro satu pos, Kalimukti dua pos, Gebang satu pos, kata Neneng, Kamis (7/3/2024).

Ia mengungkapkan pembukaan pos pelayanan kesehatan ini dilakukan selama tanggap darurat bencana di Timur Kabupaten Cirebon. “Posko kesehatan kita siagakan selama satu minggu, tetapi kalau ada penambahan tanggap darurat kita juga mengikuti,” katanya.

Neneng mengungkapkan pihaknya telah menyiagaan nakes saat pra bencana, pas bencana dan paska bencana.”Kita siagakan 540 tenaga kesehatan untuk di 30 pos di 12 puskesmas untuk penanganan korban banjir di wilayah timur,” ungkapnya.

Ia menjelaskan laporan dari pos kesehatan, banyak warga yang memeriksaan kesehatannya paska banjir besar di wilayah Timur Kabupaten Cirebon. ” Kemarin sih laporan ada 650 an warga melakukan rawat jalan di 30 pos kesehatan, keluhaannya kebanyakan nyeri badan, hipertensi, demem dan gatal-gatal pada kulit, kami juga sudah menyiapkan obatnya,” katanya.

Seperti diketahui, wilayah Timur Kabupaten Cirebon dilanda bencana banjir yang mengkibatkan ribuan rumah dari 36 desa di sembilan kecamatan terdampak. Ketinggian banjir sendiri mencapai dua meter kurang. (Iwan)

Related Articles

Back to top button