Ayumajakuning

Peringati Milad ke-5 Tahun, Perempuan Jenggala Gelar Baksos Peduli Stunting

 

kacenews.id-KUNINGAN-Perempuan Jenggala merayakan milad ke-5 tahun dengan menggelar bakti sosial (baksos) peduli penderita stunting di Kabupaten Kuningan, yang berlangsung di sebuah hotel berbintang  di Desa Sangkanurip Kecamatan Cigandameker, Kamis (29/2/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, H. Raden Iip Hidajat,  mengemukakan, percepatan pencegahan stunting merupakan program nasional dengan memaksimalkan upaya penanganan yang lebih awal. Dimulai dari calon pengantin dan sosialisasi kespro remaja dengan edukasi perubahan perilaku hidup bersih yang melibatkan keluarga, multi sektor terkait, termasuk lembaga pemerintah, sosial dan swasta.

Related Articles

Ia berharap penanganan stunting dapat  terus dilakukan hingga mencapai target zero stunting secara nasional. Mengingat sejauh ini Kabupaten Kuningan termasuk 100 kabupaten/kota yang dijadikan lokus stunting oleh pemerintah pusat.

“Kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya  kepada organisasi Perempuan Jenggala yang juga berfokus pada pengembangan UMKM yang ada di wilayah sekitar,”katanya.

Ia mengungkapkan,  angka prevalensi stunting di Kabupaten Kuningan sebesar 7,81 persen atau ada sekitar 5.237 balita stunting dari jumlah total 67.072 balita. Sedangkan di Kecamatan Cigandamekar, angka prevalensinya mencapai 25,85 persen. Hal ini menjadi fokus penting pemerintah daerah dan  tidak saja oleh jajaran kesehatan, namun melibatkan semua sektor terkait beserta   semua SKPD yang ada.

Untuk itu Iip menilai, acara bakti sosial seperti yang saat ini dilakukan oleh Perempuan Jenggala ataupun kalangan swasta yang telah menyalurkan CSR, merupakan upaya kolaboratif bersama untuk kepedulian terhadap penurunan stunting di Kabupaten Kuningan.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan doa  dan pemotongan tumpeng bersama seluruh jajaran kepengurusan organisasi Perempuan Jenggala. Kemudian Pj Bupati juga menyampaikan  selamat dan sukses, dengan harapan di usianya yang ke 5 tahun ini, Perempuan Jenggala dipenuhi kebarkahan dan lebih bermanfaat bagi masyarakat di masa mendatang.

Sementara itu, Perempuan Jenggala merupakan organisasi yang berkomitmen atas rasa kemanusiaan dan selalu  intens dalam memberikan edukasi terhadap pemberdayaan perempuan dan anak. Sehingga dalam aksi kemanusiaan tersebut, dilakukan edukasi peduli stunting yang mengundang perhatian masyarakat.(Emsul)

Related Articles

Back to top button