Ayumajakuning

Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam di Majalengka Terus Merangkak Naik

 

 

kacenews.id-MAJALENGKA-Harga daging ayam broiler di pasar tradisional Sindangkasih Kabupaten Majalengka kembali mengalami kenaikan, hingga kini mencapai Rp 45.000 per kg. Kondisi ini diduga dipicu kebutuhan menjelang Ramadan yang  tinggal kurang lebih satu minggu lagi.

Related Articles

Menurut sejumlah pedagang, kenaikan harga diperkirakan akan terjadi lagi pada H – 1 atau pada H – 2 Ramadan. Sebelumnya harga daging ayam naik sebesar Rp 4.000. Kemudian setelah dua pekan, kini harga kembali naik sebesar Rp 1.000 atau menjadi  Rp 45.000 per kg.

“Kebutuhan jelang puasa biasanya cukup tinggi, maka harga langsung melonjak,” kata Yayah salah seorang pedagang.

Ia menyampaikan, pedagang di pasar biasanya mengikuti kenaikan harga dari tingkat pemotong. Sehingga ketika pemotong menaikan harga, maka akan berdampak pada harga jual ke konsumen.

Sementara itu, untuk harga daging sapi dan daging kambing masih tetap stabil. Kenaikan harga diperkirakan baru akan terjadi pada H – 1 Ramadan, namun kenaikannya biasanya lebih tinggi dibanding harga daging ayam.

Pengelola Pasar Sindangkasih Supriadi menyebutkan,  harga daging sapi saat ini masih tetap Rp 140.000 per kg dan daging kambing seharga Rp160.000 per kg.

Begitu pula dengan harga beras masih tetap sama  belum terpengaruh oleh adanya operasi pasar murah yang digelar Pemda Majalengka juga adanya bantuan sosial beras yang terus di berikan kepada keluarga penerima manfaat.

Harga beras medium di pasaran masih tetap sama seharga Rp 10.500 hingga Rp 16.000 per kg serta beras premium kualitas II seharga Rp 17.000 per kg dan beras kualitas premium kualitas I seharga Rp 18.000 per kg.

“Namun di Pasar Sindangkasih beras premium  kualitas I tidak tersedia, yang ada hanya medium dan premium kualitas II,” ujarnya.(Tati)

 

 

 

Related Articles

Back to top button