CirebonRaya

Stadion Watubelah Kabupaten Cirebon Dibuka untuk Umum

kacenews.id-CIREBON-Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kini memperbolehkan seputar arena Stadion Watubelah yang ada di Kelurahan Watubelah Kecamatan Sumber bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum.
Kepala Dispora Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin mengatakan, pemanfaatan fasilitas seputar area Stadion Watubelah untuk umum itu sebelumnya atas izin Pak Bupati Cirebon, H Imron.
Menurutnya, daripada area Stadion Watubelah dibiarkan tanpa ada aktivitas, maka pihaknya mempunyai inisiatif agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. “Tapi, itu hanya area parkir saja. Kalau area dalam stadion belum diperbolehkan,” kata Ikin Asikin, di Sumber, (28/2/2024).
Ikin mengungkapkan pemanfaatan area Stadion Watubelah ini bisa digunakan untuk berolahraga, seperti lari, senam dan lainnya. “Kenapa di area dalam stadion tidak diperbolehkan, karena area stadion masih dalam masa pemeliharaan pihak ketiga. Karena, jangan sampai pemeliharaan belum selesai, tapi sudah rusak. Juga nunggu regulasi selanjutnya,” katanya.
“Kalau ada yang mengajukan untuk event, silahkan bersurat kepada bupati diteruskan ke kami (Dispora,Red) mau bentuknya konser dan lainnya, yang penting di luar bangunan Stadion Watubelah atau lahan parkir, jangan mengganggu area dalam,” sambungnya.
Karena, lanjut Ikin, stadion dimanapun yang sudah standar nasional maupun FIFA harus benar-benar dipelihara dengan baik. “Tapi, tahun sekarang tidak ada anggaran pemeliharaan. Hanya sebisa-bisa saya saja. Tapi saya sedang berjuang dengan Provinsi Jawa Barat mudah-mudahan dapat anggaran untuk kelanjutan,” kata Ikin.
Terkait kondisi tribun, Ikin mengatakan Pemprov Jabar juga menyarankan agar segera dilakukan uji kelayakan, terutama pada bagian tiang pancang nya.
“Nanti diuji dari tim teknis, barangkali tiang pancang direkomendasikan tambah tiang atau bagaimana, kita tunggu hasil uji kelayakannya. Kalau kapan dilakukan ujinya, kami menunggu agenda selanjutnya pihak Provinsi. Mudah-mudahan bisa di tahun ini juga,” kata Ikin.
Pihaknya berharap di Area Stadion Watubelah ini setiap minggunya ada kegiatan, seperti penampilan kesenian daerah, semisal sandiwara, calung dan lainnya. “Tujuannya biar meramaikan. Kami akan segera koordinasi dengan dinas terkaitnya,” katanya.(Iw

Back to top button