Opini

Sampah Bisa Jadi Masalah

Penanganan sampah butuh kesadaran bersama. Jika abai dampaknnya sangat besar baik dari sisi kesehatan bahkan bisa menimbulkan bencana seperti banjir dan longsor.
Sebenarnya, jika ada kesadaran warga dari cara membuang sampah dampaknya bisa diminiamlisir. Ada istilah “buanglah sampah pada tempatnya” namun yang terjadi banyak warga yang mengindahkan imbauan itu.
Sampah dibuang sembarangan bahkan parahnya lagi seolah tanpa beban, dibuang ke sungai sehingga ada satu daerah yang selalu jadi langganan banjir hanya karena banyaknya sampah yang menyumbat saluran sungai.
Seperti kejadian di Majalengka, beberapa waktu lalu Pj Bupati Majalengka mengungkapkan kekesalannya di hadapan masyarakat dan seluruh camat se Kabupaten Majalengka.
Hal ini tak lain karena masalah sampah. Pj Bupati Dedi Supandi mengatakan banyaknya sampah yang dibuang di sungai serta tempat – tempat umum, tanpa pengelolaan yang baik dan seolah tanpa edukasi serta kehadiran aparat.
Dedi mengaku banyak mendapat masukan melalui media sosial pribadinya, salah satunya adalah tentang sampah. Salah satu curhatan yang masuk ke ponsel pribadi.
“Pak Pj, saya mau bantu menyampaikan informasi di Desa Jatitengah, Kecamatan Jatitjuh, ada yang buang sampah ke sungai, ada plastik kecil hingga berkarung – karung dan sekarang ada papan yang lucu bertuliskan ‘jangan dibuang sampah di sini mohon dibuang di sungai.”
“Di dekat SD Jatitujuh 1 sampah menggunung di sana, kasihan anak sekolah terganggu bau dan kesehatannya juga akan terganggu”.
Menurut Dedi, si pengirim pesan tersebut juga memfotret plang dan tumpukan sampah di sekat sekolah setelah dimintanya untuk mengimkan foto sebagai bukti yang membenarkan itu terjadi.
Setelah ditelusuri menurut PJ Bupati, plang tersebut dibuat pemilik tanah karena keberatan lahannya dijadikan tempat pembuangan sampah.
Atas kejadian tersebut menurutnya, pemerintah ternyata tidak hadir di sana, padahal di kecamatan ada Camat ada kasie Trantib yang harus memberikan solusi atas setiap persoalan yang terjadi di masyarakat yang berdampak luas.(As)

Related Articles

Back to top button