Ayumajakuning

Kwarcab Gelar Raimuna Cabang, Asah Anggota Pramuka Miliki Jiwa Gotong Royong dan Peduli Sesama

 

 

 

kacenews.id-KUNINGAN-Raimuna Cabang (Raicab) Pramuka Kabupaten Kuningan 2024 akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sidomba, Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana pada 26 Februari-1 Maret 2024.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Kuningan, Rana Suparman, mengungkapkan kegiatan Raimuna Cabang 2024 mengusung tema  “Bangun Persatuan Generasi Pramuka Kuningan” (Bergerak) akan diikuti 350 lebih Pramuka Penegak dan Pandega, yang terdiri dari pelajar di tingkat SMA/sederajat hingga perguruan tinggi.

“Pramuka ini adalah tunas bangsa, kekuatan negara, sehingga perlu adanya suatu wadah kegiatan yang dapat membentuk karakter dan mengembangkan diri para generasi muda. Seperti Raimuna Cabang ini yang di desain untuk dapat mencapai visi misi tersebut,” katanya, Jumat (23/2/2024).

Ia menyebutkan,  Raimuna Cabang 2024 ini akan diisi oleh berbagai kegiatan  menarik bagi generasi muda. Tidak hanya seputar materi kepramukaan, juga dengan berbagai kegiatan pengembangan diri.

Ketua Pelaksana Raimuna Cabang 2024  Abdullah Arfan, menyampaikan, dalam pelaksanaannya raimuna ini dibagi menjadi 5 zona kegiatan rotasi. Yakni zona development (pengenalan MOP, KMO, IT, mitigasi bencana, penanggulangan kebakaran, dan Taman Nasional Gunung Ciremai). Kemudian zona saka dan dinas (Saka Wanabakti – Perum Perhutani Kabupaten Kuningan, Saka Wirakartika – Kodim 0615 Kuningan, Saka Pariwisata – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Saka Kencana – DPPKBP3A  dan Saka Bersinar dari BNN),
zona adventure, zona kampus dan giat wisata (mengenal Universitas Kuningan dan Taman Purbakala Cipari)
serta zona games.

“Ada juga kegiatan jumpa tokoh bersama Pak Pj Bupati Kuningan, tokoh dari Kemenpora, Anggota DKD Jawa Barat, dan lainnya” katanya.

Ia pun mengajak para Pramuka Penegak dan Pandega di Kabupaten Kuningan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Raimuna Cabang 2024, sebagai sarana dalam memperkuat persatuan, meningkatkan kepedulian dan gotong royong terhadap sesama serta menambah ilmu dan wawasan baru yang bisa diterapkan di lingkungan sekolah/kampus dan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.(Emsul)

 

Related Articles

Back to top button