Finansial

PWI Kota Cirebon, Pemda dan BI Peringati HPN Ke-78

Bersama Jaga Inflasi dan Harga Pangan Bergolak

kacenws.id-CIREBON-PWI Kota Cirebon, Pemda dan BI turut dalam Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-78 yang digelar di Ruang Adipura, Balaikota Cirebon Rabu, (21/2/2024)
Hadir dalam kegiatan tersebut, sekaligus juga sebagai narasumber, Pj Wali Kota Cirebon, H. Agus Mulyadi, Kepala Perwakilan BI Cirebon, Anton Pitono dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGJ, Acep Komara.
Para wartawan tergabung dalam PWI Kota Cirebon, mahasiswa dan perwakilan pengusaha dan akademisi. Dalam kesempatan itu juga sepakat dan komitmen antara PWI Kota Cirebon, Pemerintah daerah Kota Cirebon dan Perwakilan Bank Indonesia (KpW/BI) Cirebon untuk menjaga mengedalikan inflasi di daerah.
Peran media juga sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi yang benar terkait berbagai persoalan di daerah termasuk masalah inflasi. “Terkadang ada berita yang tak benar (hoaks) tentang pasar, membuat terjadinya panic buying. Membuat harga semakin mahal misalnya karena terpengaruh isu kelangkaan komoditas kepokmas seperti beras,” ujar Pj Wali Kota Agus Mulyadi.
Meski demikian, Agus mengaku masih sangat percaya dengan media yang ada di daerah mengedapankan informasi yang benar.
“Bahkan kita juga bersyukur pada Januari 2024 kemarin inflasi Kota Cirebon yang paling rendah di Jawa Barat (Jabar) yakni 0,04. Akan tetapi, dengan naiknya harga beras pada Februari 2024 tentunya ini juga harus terus kita antisipasi,” katanya.
Sementara Kepala Bank Indonesia Cirebon Anton Pitono mengungkapkan, Bank Indonesia terus mendukung pengendalian inflasi dari sisi penawaran sejalan arahan dari Presiden RI dalam Rakornas Pengendalian inflasi 2022 yang ditindaklanjuti dengan inisasi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) pada 2022.
Warung Peduli Inflasi yang akan dilaunching pada Maret 2024 ini, bagian dari tindaklanjut kesepakatan kerjasama antar daerah yang sebelumnya difasilitasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpW/BI) Cirebon.
“Kita sudah menugaskan Perumda Pasar Berintah untuk menjadi bagian dari operator di Warung Peduli Inflasi. Meski pun tempatnya tidak terlalu besar. Akan tetapi, warung ini akan menjadi embrionya BUMD dan untuk mengendalikan bahan pangan bagi masyarakat,” katanya.
Ketua PWI Kota Cirebon, M. Alif Santosa mengaku, sebagai bentuk dukungan media, dalam peringatan HPN, juga diselenggarakan diskusi publik dengan tema “Pers Mendukung Pengendalian Inflasi Daerah di tengah Transisi Kepemimpinan Nasional”
Menurut Alif, insan pers juga siap berkolaborasi dengan Pemda Kota Cirebon untuk mensukseskan pembangunan daerah. Maka dari itu, Alif menilai HPN harus jadi momentum untuk mempererat kemitraan antara pers dengan Pemda Kota Cirebon dan lembaga lainnya.
Menurutnya, pembangunan daerah perlu peran serta semua pihak atau pentahelix termasuk di dalamnya pers. “Sehingga diharapkan kemitraan yang sudah terjalin dengan baik terus berlanjut,” ucapnya.(Cimot)

Related Articles

Back to top button