CirebonRaya

Bupati Imron Siap Jamin Biayanya Perawatan Petugas Penyelenggara Pemilu yang Sakit

kacenews.id- CIREBON- Bupati Cirebon, H Imron menyebut, laporan terkait adanya puluhan petugas penyelenggara Pemilu 2024 yang jatuh sakit usai menjalankan tugas, sudah ia terima.

Meskipun tidak mengetahui jumlah pastinya, namun berdasarkan laporan yang ia terima, puluhan petugas penyelenggara Pemilu yang jatuh sakit seperti Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Bawaslu hingga Linmas.

Selain itu, kata Imron, ada juga saksi dari sejumlah Partai Politik (Parpol) dan masyarakat yang meminta penanganan kesehatan di posko kesehatan yang disiagakan Dinas Kesehatan (Dinkes) pada Pemilu 2024 ini.

Dari jumlah petugas penyelenggaran Pemilu yang sakit tersebut, beberapa orang diantaranya harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit (RS).

Imron menegaskan, Pemkab Cirebon siap menjamin biaya perawatan bagi petugas penyelenggara Pemilu yang penanganan kesehatannya harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit (RS). “Kalau petugas itu sakit dan sampai harus (rawat inap, red) di rumah sakit, kami akan jamin,” ujar Imron, Sabtu, 17 Februari 2024

Sebelumnya, kata Imron, dirinya sudah menginstruksikan Dinkes untuk bisa menjaga kesehatan para petugas penyelenggara Pemilu. Instruksi tersebut dijalankan Dinkes dengan mendirikan posko kesehatan di tiap-tiap desa dan Puskesmas.

Posko kesehatan tersebut, lanjut Imron, selalu siaga memberikan layanan pengobatan dan pemberian vitamin bagi petugas yang datang meminta pertolongan akibat sakit atau kelelahan.

Bahkan, saat dirinya melakukan monitoring sehari sebelum pelaksanaan pemungutan suara, Imron juga sudah memberikan arahan kepada para petugas tersebut agar selalu menjaga kesehatan.

Hal itu ia lakukan, karena ia tidak menginginkan peristiwa yang terjadi pada Pemilu 2019 silam terulang di Pemilu 2024. “Saya berikan arahan agar para KPPS, PPK, PPS dan petugas lainnya jangan sampai terjadi seperti tahun 2019. Kalau sakit jangan dipaksakan, harus istirahat,” kata Imron.(Iwan)

Related Articles

Back to top button