Pendidikan

MKKS Beri Kesempatan Lulusan SMA Melanjutkan ke UIN Salatiga

 

kacenews.id-KUNINGAN-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Kuningan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Kuningan, H Tri Suknaedi, mengemukakan, kehadiran tim sosialisasi dan  bimbingan teknis Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)  UIN Salatiga Jumat (16/2/202)  sangat membantu siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi di luar Provinsi Jawa Barat. Sehingga membuka kesempatan lulusan SMA/SMK/MA yang tertarik untuk mengenyam pendidikan di UIN Salatiga.

Related Articles

Hal sama disampaikan Kepala SMAN 3 Kuningan, H Moch Chaeri. Menurutnya kehadiran Wakil Rektor UIN Salatiga beserta rombongan ke Kuningan dinilai positif dalam menyampaikan informasi  PMB tahun ini. Sehingga para lulusan dapat memperoleh peluang untuk melanjutkan sekolah di universitas tersebut.

Kepala SMAN 1 Jalaksana, H Nanang Warsa,  berharap siswa dari Kuningan yang mendaftar universitas tersebut dapat diterima dan semuanya dinyatakan lulus seleksi.

“Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap UIN Salatiga dengan adanya sosialisasi  dan informasi ini, akan disebarluaskan ke seluruh sekolah di Kuningan. Tidak menutup kemungkinan dengan sosialisasi ini banyak yang berminat untuk melanjutkan ke UIN Salatiga. Terlebih kami sempat mengundang 49 kepala sekolah, guru BP  dan operator,”tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UIN Salatiga, Muh Saerozi, menyampaikan, selama ini UIN Salatiga menjadi destinasi para siswa dari berbagai sekolah yang ada di dalam maupun luar provinsi. Saat ini UIN Salatiga memiliki 35 program studi (prodi) dengan 16.000 mahasiswa.

“Suasana belajar di UIN Salatiga dinilai nyaman dan aman, mengingat di sekitar kampus dikelilingi pondok pesantren. Banyak mahasiswa sambil mondok di pesantren, sehingga biaya pendidikan relatif terjangkau serta dapat menekan biaya hidup,”katanya.

Ketua Tim Sosialisasi PMB UIN Salatiga, Nur Huri Mustofa, menyebutkan, fakultas dan prodi yang ada terdiri dari Fakultas Dakwah/Komunikasi, Fakultas Syari’ah/Hukum, Fakul Usuluddin, Adab dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan serta Pascasarjana. Ditambah empat prodi baru yakni Teknologi Informasi, Perpusatakaan dan Sains Informasi, Bisnis Digital dan Sains Data.

“Calon mahasiswa pada PMB nanti dapat melalui jalur SPAN-PTKIN, SNPNB, UM-PTKIN, ujian mandiri dan jalur undangan. Mudah-mudahan calon mahasiswa asal Kabupaten Kuningan ini dapat diterima melalui jalur pendaftaran yang ada,” katanya.(Emsul)

 

 

Related Articles

Back to top button