Saba Desa

Pemdes Asem Prioritaskan Perbaikan Irigasi

kacenews.id-CIREBON-Pemerintah Desa Asem Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, rencanakan perbaiki saluran irigasi pada tahun ini.
Kuwu Desa Asem, H Ade Fathurrohman mengatakan, kondisi saluran irigasi yang memprihatinkan, maka pihak desa rencanakan perbaikan saluran di tiap blok desa.
“Tentunya sangat diperlukan bagi para petani, guna hasil yang maksimal tanaman tebu dan padi di desa ini,” katanya, Kamis (15/2/2024).
Kuwu dua periode ini menjelaskan, desa yang ada terbagi lima blok ini, akan secara bergiliran untuk dilaksanakan perbaikan saluran irigasi. Mengingat, banyaknya lahan pertanian di desa ini.
“Sekitar 30 hektar lahan pertanian yang ada di desa, maka secara prioritas akan direalisasikan tahun ini,” jelasnya.
Masih dikatakan Ade, dalam membangun desa tak lepas dari peran serta masyarakat, maka pemberdayaan warga setempat sangat diperlukan guna hasil yang maksimal.
“Dengan ada rasa memiliki dengan mempekerjakan warga setempat dan direncanakan pihak desa menganggarkan dari dana desa tahun ini,” ujarnya.
Ade menambahkan, anggaran yang bersumber dari pusat, provinsi maupun daerah sangat membantu desa dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga perlu segera dibagikan, begitu pihak desa mengajukan.
“Saat ini sedang menyusun laporan pertanggungjawaban jabatan (LPJ) setelah usai, menyusun pembangunan 2024,” ujarnya.
Dirinya mengimbau seluruh masyarakat dan petani agar merawat dan memperbaiki, bilamana ada kerusakan kecil. “Kami ucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang berperan aktif dalam membangun desa,” ucap Ade. (Sup

Back to top button