Nasional

Jaga Tradisi Lokal, Tiga TPS di Benda Kerep Cirebon Gunakan Tinta Sari Kunyit

kacenews.id- CIREBON- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon telah menyiapkan sari kunyit sebagai penanda warga yang sudah mempunyai hak pilih telah selesai melakukan pencoblosan bagi warga di Kampung Benda Kerep Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Rabu (14/2/2024).

Dari tiga TPS yakni 65, 66, dan 72, sari kunyit berlogo KPU telah diserahkan oleh pihak PPS Kelurahan setempat kepada Ketua masing-masing TPS di Benda Kerep tersebut.

Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko mengatakan, pihaknya menghargai kearifan lokal masyarakat di Kampung Benda Kerep tersebut. Oleh karenanya, pihaknya menyiapkan dua macam tinta untuk TPS di wilayah Benda Kerep yakni tinta Pemilu hitam dan tinta dari sari kunyit.

“Sudah menjadi kearifan lokal, berdasarkan keyakinan warga, karena tinta umumnya akan menghalangi wudhu. Jadi kami siapkan juga logistik kunyit selain tinta Pemilu. Kami sarankan setelah mencoblos, warga terlebih dahulu mencelupkan salah satu jarinya ke tinta KPU kemudian baru ke tinta kunyit. Ada lebih dari 600 DPT di 3 TPS tersebut,” katanya.

Salah satu warga setempat, Kusnadi menuturkan, hal ini merupakan tradisi sejak lama. Meskipun di wilayah ini alat komunikasi sudah ada, tradisi menggunakan tinta dari sari kunyit itu tetap digunakan. “Itu tradisi sudah sejak lama,” tuturnya.

Sementara itu, Lurah setempat, Mardiansyah membenarkan bahwa diwilayah Benda Kerep RW 11 masih ada TPS yang menggunakan tinta dari kunyit. “Alhamdulillah hingga siang hari ini  wilayah kami kondusif,” ungkapnya.(Jaka)

Related Articles

Back to top button