Pemilu

Hari Kedua Masa Tenang, Sejumlah APK Masih Terpasang

kacenews.id- CIREBON- Memasuki hari kedua masa tenang Pemilu 14 Februari 2024, alat peraga kampanye (APK) seperti bendera partai, baliho galeg, banner maupun reklame visual masih terlihat terpasang di sejumlah ruas jalan di Kota Cirebon.

Pantauan di lapangan, sejumlah titik ruas jalan di Kota Cirebon seperti Jalan Ahmad Yani masih terpasang sejumlah APK. Terlebih, Senin (12/2/2024) hingga pukul 16.00 WIB terdapat APK di billboard yang belum dicopot berada di Jalan Perjuangan Kota Cirebon. Bahkan, billboard bergambar salah satu caleg DPRD Kota Cirebon masih bertengger di lokasi depan kampus setempat.

Sebelumnya, Pj Walikota Cirebon, H Agus Mulyadi saat gelar Apel Persiapan Pemilu mengajak semua untuk bersinergi dan berkoordinasi terkait pelaksanaan masa tenang pemilu.

“Pada saat memasuki masa tenang, kita semua dan peserta pemilu harus dapat memastikan bahwa APK telah ditertibkan dan dibersihkan semata-mata untuk memastikan bahwa masa tenang Pemilu 2024 betul-betul terlaksana sebagaimana mestinya,” katanya.

Selain itu, semua harus saling bersinergi dan memastikan seluruh kegiatan di semua tahapan memiliki pengaturan teknis dan koridor hukum yang jelas. Jangan sampai, ketidaksiapan menyebabkan munculnya potensi konflik dan ketidaktertiban di lapangan. Hal tersebut, sejalan dengan program yang digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu Aman, Netral, dan Tenang (Jabar Anteng).

“Saya juga ingin mengajak seluruh elemen di Kota Cirebon untuk bersama-sama mewujudkan situasi yang aman, netral, dan tenang selama pelaksanaan Pemilu 2024, khususnya di Kota Cirebon,” ujar Agus.

Pada kesempatan itu, pihaknya menyerukan kepada segenap ASN, TNI, dan Polri di Kota Cirebon untuk bersama-sama menjaga netralitas dalam Pemilu 2024. Semua perlu mencermati potensi gangguan netralitas yang bisa terjadi dalam setiap tahapan pemilu, semua juga harus bersedia dan memahami hal-hal yang tidak boleh dilakukan dan berpotensi melanggar kode etik ataupun disiplin ASN dan TNI/Polri.

“Semua harus tetap pada kedudukan profesional dan tidak memihak pada kontestan politik manapun,” tegasnya.

Sementara itu, sejak memasuki masa tenang, Bawaslu bersama sudah melakukan penyisiran APK di semua ruas jalan di Kota Cirebon, namun karena situasi hujan sejak beberapa hari terakhir sehingga penertiban belum maksimal.

Rencananya, Satpol PP bersama Bawaslu dan stakeholder terkait, Selasa (13/2/2024) ini akan kembali melakukan penertiban di ruas-ruas jalan di Kota Cirebon. Sementara APK yang berada di kampung-kampung akan ditertibkan oleh KPPS dan PTPS masing-masing wilayah.(Jaka)

Related Articles

Back to top button